Pesan-Pesan Tersembunyi Di Film Us

0
Film Us memiliki banyak pesan tersembunyi disetiap adegan-adegan nya. Foto: ARTnews

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Film karya Jordan Peele ini, memiliki beberapa pesan tersembunyi yang menarik untuk dibahas. Apa saja?

Semaranginside.com, Jakarta — Harus diakui bahwa Jordan Peele sangat ahli menciptakan horor. Melalui film “Us” Peele menunjukkan dirinya mampu menciptakan film yang cerdas, penuh struktur rumit, dengan pesan yang sederhana tetapi tidak mendalam. Dia bermain-main menggunakan cara klasik genre horor, sambil menyalurkan ketakutan mendasar manusia. Film ini dapat membuat Anda tertawa, sekaligus meringkuk ketakuan. Selain adrenalin anda terpacu sepanjang film ini diputar, adegan dalam film ini pun dipenuhi banyak adegan-adegan menegangkan. Dan di antara adegan-adegan menegangkan tersebut, terselip beberapa referensi budaya yang mungkin tidak banyak dari penonton (terutama di luar Amerika) mudah memahaminya. Apa saja sih referensi budaya dan pesan-pesan tersembunyi yang ditampilkan dalam ‘Us’ yang sebagai elemen pendukung punya makna dalam?

Hands Across America
Di adegan pembuka ‘Us’ kita akan melihat Adelaide yang masih anak-anak (diperankan oleh Madison Curry) sedang menyaksikan iklan televisi untuk kampanye sosial bernama Hands Across America. Jadi ini adalah sebuah aksi pada 25 Mei 1986 yang melibatkan 6 juta orang di Amerika untuk melawan isu rasisme + charity untuk disumbangkan ke Afrika untuk mengatasi kasus kelaparan. Saat itu, lebih dari enam juta orang membentuk rantai manusia dari ujung ke ujung Amerika. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan donasi berupa uang untuk para tunawisma dan korban kelaparan. Adelaide Merah terinspirasi dari iklan yg dia tonton pas kecil…

Baca Juga:  Tiket Gala Premier 'Dilan 1991' Ludes Diburu Fans

Hands Across America dicanangkan oleh Ken Kragen. Seperti yang tampak di film, rantai manusia untuk proyek amal ini terbentang dari New York ke Los Angeles. Pada saat itu, Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan, Coretta Scott King dan Brooke Shields ikut barisan ini di beberapa titik yang berbeda. Para peserta Hands Across America berpegangan tangan dan menyanyi beberapa lagu selama lima belas menit. Di bagian-bagian yang terpencil yang susah untuk dicapai oleh manusia, orang-orangnya digantikan dengan boneka kertas seperti yang dipegang oleh Red (kembaran jahat Adelaide) dalam film. Sayangnya, aksi amal ini tidak mencapai target uang yang diinginkan oleh Ken Kragen. Niatnya mengumpulkan USD 100 juta, dia hanya mendapat USD 15 juta saja dari event ini. Diikutsertakannya Hands Across America menjadi salah satu elemen penting dalam film ‘Us’ menurut Jordan Peele adalah karena event ini memberikan nuansa gelap yang misterius di eranya.

Baca Juga:  Keunikan Film Toy Story

Karena cuma ingatan itulah yang tersisa, gerakan protes yang dilakukan oleh adelaide merah adalah dengan cara handcross America ini. Tepat tanggal 25 Mei 1986 adalah hari ulang tahun Adelaide, dia pergi ke Pantai Santa Cruz untuk merayakan ulang tahunnya. Dikarenakan ingatan adelaide merah sangat terbatas, dia cuma mengingat lagu ‘Thriller’ dari Michael Jackson yang hits di tahun 80-90an. Hal itu juga yang menginspirasi kostum para ‘manusia bawah’. Mereka terinspirasi oleh kostum Michael Jackson di lagu ‘Thriller’ termasuk sarung tangan yang hanya dipake di tangan kanan.(*/Dry)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of