Pileg DPRD Jateng, PKB Melejit Dengan Raihan 22 Kursi

0
Tilik.ID

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Sesuai hitungan-hitungan internal DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, perolehan kursi di DPRD Jateng periode 2019-2024 naik hampir dua kali lipat. Pada Pileg 2019 ini, PKB menghitung akan memperoleh 22 kursi, atau naik sembilan kursi dari Pileg 2014.

Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah, Sukirman, memastikan dari 13 daerah pemilihan (Dapil) di Jawa Tengah, ada perwakilan dari PKB. Maka, ada sejumlah dapil yang mengantarkan setidaknya dua kader PKB di Gedung Berlian (Gedung DPRD Jawa Tengah).

Baca Juga:  Permintaan Pengembalian Lahan Jangan Berlaku untuk Prabowo Saja

“PKB dapat 22 kursi. Ada kenaikan yang signifikan,” kata Sukirman, Kamis (2/5).

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan suara PKB pada PIleg kali ini. Yakni kerja struktural partai. Selanjutnya dukungan yang masif dari nahdliyin. Selain itu, kinerja caleg juga bersinergi dengan baik.

“Pilpres, (PKB dukung Jokowi-Ma’ruf Amin), jelas ada pengaruhnya,” ujar Sukirman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah.

Dari 22 nama caleg yang akan duduk kembali, 12 diantaranya adalah caleg petahana. Semnetara satu calon lainya tidak nyaleg di DPRD Jateng melainkan di DPR RI. Dari 12 nama petahana tersebut, salah satunya adalah Sukirman.

Baca Juga:  Konser Didi Kempot di Lapangan eks Batalyon Cilacap Ambyaaaarrr...

Dengan perolehan 22 kursi ini, PKB diprediksi akan menduduki posisi runner up pada Pileg 2019 di DPRD Jawa Tengah. Dari prediksi sejumlah parpol, kursi PKB jauh mengungguli Golkar yang memperkiraan akan dapat 13 kursi.

Sementara urutan pertama masih akan diduduki oleh PDI Perjuangan. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of