Pilwakot Semarang 2020, Petahana Berpotensi Lawan Kotak Kosong

0
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2020 hampir memasuki tahapannya. Hingga sekarang, belum ada sosok menonjol yang dirasa mampu menyaingi Wali Kota Semarang saat ini, Hendrar Prihadi.

Hendrar diprediksi mencalonkan diri kembali pada Pilwakot 2020 mendatang. Hal itu didasari elektabilitas Hendrar yang tinggi dan masih diterima warga Semarang sebagai sosok pemimpin.

“Hendi diterima oleh semua kalangan, bahkan oleh masyarakat awam. Dari sisi kepartaian, PDI Perjuangan besar di Kota Semarang karena eksistensi Hendi sebagai ketua partai. Figurnya masih dominan sehingga mungkin saja terjadi melawan kotak kosong,” kata Pakar Ilmu Hukum Tata Negara dan Konstitusi dari Universitas Semarang (USM), Muhammad Junaidi, Jumat (2/8).

Baca Juga:  BUMN dan Swasta Diajak Salurkan CSR di Kota Semarang

Hendi, sapaan akrab Hendrar masih berpeluang maju sebagai calon Wali Kota Semarang. Meskipun pada Pilwakot Semarang 2020 akan menjadi kali kedua baginya maju sebagai calon petahana, tetapi Wali Kota Semarang tersebut baru menjalani satu periode kepemimpinan.

Dikonfimasi terkait pencalonan dirinya, Hendi siap menerima keputusan dari partai. Jika memang mendapat rekomendasi untuk maju, maka dia akan menjalankan perintah tersebut untuk bertarung dalam Pilwakot.

“Prinsipnya, siapapun yang mendapatkan rekomendasi sudah menjadi tugas kawan-kawan di Semarang untuk all out memenangkan Pilwalkot Semarang 2020,” kata Hendi.

Baca Juga:  Wali Kota Ingin Proyek Sky Bridge Pandanaran Rampung Lebih Cepat

Hendi mengatakan, pihaknya masih menunggu pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengumumkan tahapan Pilwakot mendatang. Namun dia sudah menangkap sinyal bahwa KPU akan memulai tahapan pada September mendatang.

Meskipun PDI Perjuangan memiliki kultur mengusung kembali calon dari petahana, secara pribadi Hendi menegaskan bahwa akar rumput harus mampu menerjemahkan perintah dari tingkat pimpinan pusat. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of