PKS: Jangan Komentari Dapur Partai Lain

0
Mohamad Sohibul Iman. Foto: Istimewa

Oleh: Muhajir

Semaranginside.com, Jakarta – Dua petinggi Gerindra telah merapat ke pemerintah. Keduanya adalah Ketua umum Gerindra, Prabowo Subianto, dan Edhy Prabowo yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum. Pertemuan dengan Presiden Jokowi menguatkan isyarat Gerindra bergabung ke koalisi Jokowi.

Lalu, siapa yang akan jadi oposisi? Sampai saat ini, baru satu partai yang benar-benar komitmen menjadi oposisi. Partai itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Presiden PKS, Sohibul Iman, menegaskan posisinya sebagai oposisi selama lima tahun ke depan. “Fokus mensosialisasikan sikap politik PKS yaitu tetap berada di luar pemerintahan,” ujar Sohibul Iman, Selasa (22/10).

Baca Juga:  Relawan Klaim Dukungan Untuk Prabowo Sebagai Jihad Besar

Sohibul Iman telah menyampaikan langkah politik tersebut ke seluruh kader. Ia meminta agar para kader tak ikut-ikutan mengomentari ‘dapur’ partai politik lainnya.

“Kami mengimbau kepada seluruh anggota keluarga besar PKS agar tidak tergoda atau terjebak mengomentari langkah-langkah politik pihak lain,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, oposisi bukan menempatkan partai sebagai pelawan atau penantang pemerintah. Itu demi kesehatan demokrasi. Ada marwah demokrasi yang harus dijaga dalam asas check and balance.

“Ini memang bukan pilihan ideal, bahkan pilihan berat, namun di tengah partai-partai lain memilih bergabung dalam pemerintahan, PKS merasa bertanggung jawab untuk menjaga marwah demokrasi,” kata dia.

Baca Juga:  Prabowo Sebut Anggaran Bocor Rp1 T Setiap Tahun

Dari sejumlah nama yang telah bertandang ke Istana, sejak kemarin hingga siang ini, belum ada kader Partai PKS. ini mengonfirmasi pernyataan Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, maupun Politikus senior Hidayat Nur Wahid, bahwa PKS akan bertemu Jokowi usai kabinet dibentuk.

Langkah itu untuk mengantisipasi kesimpulan keliru di tengah masyarakat. Kata Mardani, saat bertemu nanti, PKS akan meminta izin kepada Jokowi untuk menjadi oposisi. (EP/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of