PKS Sebut 2,89 Juta Warga Jateng Miskin

0
Ketua DPW PKS Jateng Abdul Fikri Faqih. Foto: Istimewa

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah menyebut Pemprov Jawa Tengah menghadapi persoalan serius soal kemiskinan. Saat ini, angka kemiskinan di Jawa Tengah mencapai 11,32 persen. Artinya, masih ada 2.890.000 orang yang masuk dalam kategori miskin di Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah, Abdul Fikri Faqih mengatakan data itu berasal dari Pemprov jateng.  Angka kemiskina itu juga tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Baca Juga:  Indonesia Miliki 10 Potensi Migas Raksasa

“Persoalan yang masih dihadapi semua kabupaten/kota di Jawa Tengah adalah soal kemiskinan,’’ kata Fikri Faqih, Selasa (3/9).

Atas dasar tersebut, Fikri berharap 10 kader PKS yang menjadi anggota DPRD Jawa Tengah dan baru saja dilantik bisa mendorong Pemprov Jateng untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Selain kemiskinan, problematika yang khas di Jateng seperti kesehatan, pendidikan, daya beli masyarakat, juga terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” tandas pria yang menjabat sebagai anggota DPR RI ini.

Baca Juga:  Rumah RA Terduga Peledakan Bom Hanya 500 Meter dari Pos Polisi Kartasura

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), IPM  di Jateng pada 2018 naik 0,6 poin menjadi 71,12 lebih tinggi dibandingkan 2017 yakni 70,52. Kendati demikian, pada 2018 IPM Jateng  masih berada di bawah level nasional yang besarnya 71,39.

Dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Jawa, IPM Jateng hanya lebih unggul dibandingkan Jawa Timur yang pada tahun 2018 memiliki IPM 70,77. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of