Posko-Posko Didirikan untuk Bantu Pemudik

0
Wali Kota Hendrar Prihadi saat peresmian Posko Mudik Bersama Peduli Kasih. Foto : semarangkota.go.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Beberapa lembaga didukung instansi pemerintah mendirikan posko untuk membantu pemudik pada Lebaran tahun ini. Posko-posko tersebut didirikan di beberapa titik jalan protokol. Di posko itu, pemudik bisa mendapatkan bantuan berbagai macam seperti informasi atau bahkan obat-obatan.

Semalam (30/5), Wali Kota Semarang meresmikan Posko Mudik Bersama Peduli Kasih di Jalan Sultan Agung. Posko tersebut didirikan bersama oleh Ansor, Banser, dan juga Gereja Kristen Indonesia. Dalam posko itu tersedia makan gratis, toilet gratis, dan tempat beristirahat gratis.

“Posko ini tentunya akan sangat menbantu terutama bagi pemudik dari barat ke timur yang melewati Kota Semarang,” ujar Hendi seraya memberi apresiasi karena posko itu juga bisa menjadi simbol kerukunan umat beragama di Kota Semarang.

Baca Juga:  "Ubud Writers Festival" di Semarang?

Sementara itu, Pendeta Rahmad Paskah R yang merupakan salah seorang penanggung jawab posko tersebut mengatakan, posko dibuka hingga tanggal 3 Juni 2019 atau H-1 Lebaran.

“Selain tempat istirahat, toilet, dan makan gratis, kami juga memiliki tenaga medis untuk pelayanan kesehatan dan bengkel untuk kendaraan-kendaraan pemudik,” ujarnya.

Ketua GP Ansor Semarang Rahul Saiful Bahri mengatakan, secara umum pendirian posko mudik lebaran 2019 kali ini merupakan salah satu bentuk pengabdian. Secara keseluruhan, pihaknya menyiapkan 9 posko mudik dan menyiagakan 500 anggota Banser.

Sementara itu, Kwarcab Pramuka Kota Semarang membuka tujuh Posko Mudik Lebaran 2019. Ketua Kwarcab Pramuka Kota Semarang Adi Tri Hananto mengatakan, setiap tahun pihaknya mendirikan posko mudik. Pusat dari posko mudik Kwarcab Kota Semarang ada di Kecamatan Tugu.

Baca Juga:  Posko Dinas Kesehatan Tangani Hampir Seribu Kasus

“Di sini membawahi enam posko mudik lainnya. Sifatnya ini membantu pemudik untuk beristirahat,” imbuhnya.

Di Jalan Kaligawe, FKPPI Community Jateng-DIY menghimpun puluhan sukarelawan untuk mendirikan Posko Mudik Lebaran 2019 yang disiagakan untuk mengantisipasi banjir rob di Jalur Pantura. Ketika muncul banjir rob, para sukarelawan tersebut akan langsung menghubungi operator pompa yang siaga. Selain itu, petugas posko juga diharapkan bisa membantu polisi mengatur arus lalu lintas.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of