Potensi Tsunami di Pandeglang, BMKG: Segera Mengungsi

0

Oleh: Rudi Hasan

Semaranginside.com, Jakarta – Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut gempa 7,4 magnitudo di Banten berpotensi menimbulkan tsunami. Peringatan dini diberikan untuk beberapa wilayah.

“Pandeglang Bagian Selatan dengan status ancaman SIAGA dengan ketinggian maksimal 3,0 meter,” ujar Rahmat di Jakarta, Jumat, (2/8).

Selain itu, peringatan diberikan juga untuk wilayah Pandeglang Pulau Panaitan. Wilayah tersebut berstatus ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter. Berikutnya yakni Lampung-Barat Pesisir-Selatan dengan status ancaman SIAGA dengan ketinggian gelombang maksimal 3,0 meter.

Baca Juga:  Media Sosial Unggah Konten Ilegal Kena Denda Miliaran

Berikutnya yakni Pandeglang Bagian Utara dengan status ancaman WASPADA, dengan ketinggian maksimal 0,5 meter. Terakhir yakni wilayah Lebak dengan status ancaman WASPADA dengan ketinggian gelombang maksimal 0,5 meter.

“Kepada masyarakat di wilayah dengan status “SIAGA” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi,” ujar dia.

Adapun kepada masyarakat di wilayah dengan status “WASPADA” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Hari Jumat, 02 Agustus 2019 pukul 19.03.21 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M=7,4. Episenter terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 km. (PS/INI-Network)

Baca Juga:  Pileg DPRD Jateng, Demokrat Pesimis Raih 9 Kursi

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of