Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun

0

Oleh: Herry M Joesoef

Semaranginside.com, Jakarta – Di bulan Muharram ini, ada puasa sunnah yang sangat dianjurkan. Yakni, puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Di bulan Muharram kali ini, tanggal 10 Muharram bertepatan dengan hari Selasa 10 September 2019.

Imam an-Nasai mengeluarkan hadits yang mejelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melaksanakan puasa di bulan Muharram setelah bulan Ramadan. Dalam Hadis itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya Muharram adalah bulannya Allah yang di dalamnya tepat menjadi hari bertaubat umat Islam atas dosa-dosa yang terdahulu.”

Tentang keutamaan puasa Asyura, Abu Qatadah menarasikan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Imam Muslim)

Baca Juga:  Video Detik-Detik Menkopolhukam Wiranto Ditusuk di Pandeglang

Imam Abu Daud juga mengeluarkan hadits yang bersumber dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Puasa di hari Asyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu.”

Meskipun demikian, puasa Asyura jangan dilaksanakan hanya sehari, tetapi hendaknya juga dilakukan sehari sebelum atau sesudah tanggal 10 Muharram. Puasa sehari sebelum atau sesudah tanggal 10 Muharram tersebut disebut dengan puasa Tasu’ah. Mengapa?

Sahabat Ibn Abbas Radhiyallahu anhuma menarasikan, “Sesungguhnya Rasulullah berpuasa pada hari Asyura, kemudian para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya Asyura adalah hari agung bagi kaum Yahudi dan Nasrani.’ Lalu Rasul berkata, ‘Jika tiba Muharram tahun depan, insya Allah kita berpuasa di hari kesembilan’. Ibn Abbas berkata, ‘Rasulullah wafat sebelum datang bulan Muharram tahun selanjutnya’.”

Baca Juga:  Kiat Sehat Milenial, Sayangi Mata Anda

Karena itu, jika kita melaksanakan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, selain puasa Asyura pada 10 Muharram, hendaknya kita juga berpuasa Tasu’ah, sehari sebelum atau sesudah tanggal 10 Muharram. (HMJ/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of