Puluhan Ekor Hiu Mati di Karimunjawa

0

Hiu-hiu yang ada di kolam di Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa mati. Belum diketahui penyebab kematiannya. Hingga ini, petugas disebut tengah menyelidiki.

semaranginside.com, Semarang – Siaran Pers dari Balai Taman Nasional Karimunjawa, Selasa (19/3) mengejutkan banyak pihak. Menurut rilis tersebut, sepekan lalu diketahui puluhan ekor hiu mati di kolam pemeliharaan yang berada di Pulau Menjangan Besar. Pulau tersebut sebenarnya termasuk dalam zona budidaya bahari Taman Nasional Karimunjawa.

Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa Agus Prabowo mengungkapkan, pada tanggal 12 Maret pihaknya menerima informasi kematian mendadak hiu-hiu di sana. Segera setelah itu, pihaknya memeriksa ke lapangan. Di sana, para petugas diterima oleh penjaga kolam, Agus Hermawan, tapi tak melihat ada hiu yang mati.

Baca Juga:  Hasil Lab Hiu Karimunjawa Tunggu 21 Hari

“Berdasar keterangan Agus, ternyata kematian mendadak hiu-hiu terjadi pada 7 Maret dan diketahuinya sekitar pukul 05.30. Yang mati di dasar kolam sekitar 40-45 ekor, sementara dua ekor masih hidup dan langsung dipindah ke karamba yang lain,” terangnya.

Tak hanya hiu, ikan jenis lain yang berada satu kolam juga ikut mati. Agus mengungkapkan langsung lapor ke pemilik kolam, Minarno atau lebih dikenal dengan nama Cun Ming. Cun Ming kemudian disebut telah lapor ke Polsek Karimunjawa. Langkah yang diambil waktu itu yakni mencari penyebab kematian. Beberapa bagian dari hiu dan ikan yang mati serta air kolam yang waktu itu disebut berubah warna menjadi kuning diambil sebagai contoh.

Baca Juga:  Kisah Cun Ming di Tengah Polemik Penangkaran Hiu Karimunjawa

Agus mengungkapkan, kolam pemeliharaan yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata itu belum dilengkapi dengan perizinan yang sebagai mana mestinya. Pihaknya bahkan ternyata pernah meminta pemilik kolam itu untuk menghentikan kegiatan wisata lewat surat yang dikirim tahun lalu.

Pada bagian penutup rilis, dia berharap ada perhatian dari masyarakat menyangkut kasus itu sebagai bukti kepedulian terhadap Taman Nasional Karimunjawa.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of