Puluhan Wali Kota se-Indonesia Bakal Berkumpul di Semarang

0

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Puluhan wali kota dari berbagai daerah di Indonesia bakal berkumpul di Kota Semarang. Mereka akan mengikuti Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada awal Juli nanti. Kegiatan itu juga dibarengi dengan Indonesia City Expo XVII.

Wali Kota Hendrar Prihadi mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menyambut para tamu.

“Ada 98 wali kota yang akan datang. Secara keseluruhan bakal ada lima sampai enam ribu tamu yang bakal hadir. Prinsipnya kami siap, baik administrasi maupun yang lain,” terang pria yang akrab disapa Hendi lewat unggahan di akun media sosial miliknya.

Baca Juga:  Wali Kota Apresiasi Euforia Masyarakat

Rakernas tersebut akan digelar di Hotel Po pada 2-5 Juli. Menurut rencana, para undangan juga bakal mengikuti beberapa agenda lain seperti peduli lingkungan, kegiatan budaya, dan juga wisata. Berdasar paparan Wali Kota saat rapat Dewan Pengurus Apeksi, Pemkot menyediakan dana Rp 7 miliar untuk acara itu.

Sementara itu, Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany mengungkapkan, salah satu hal yang dibahas pada rakernas nanti yakni dana kelurahan. Airin menyebut respons masyarakat terhadap dana kelurahan sangat baik.

“(Tahun) 2019 kan sudah rata-rata hampir Rp 300 jutaan per kelurahan. Ternyata responsnya sangat baik, dimana kelurahan dan juga masyarakat ada kegiatan berkolaborasi, ada kegiatan di lapangan. Harapannya, mudah-mudahan ada bantuan peningkatan keuangan sehingga interaksi dengan masyarakat di daerah, di kelurahan, khususnya, bisa lebih baik lagi,” tutur Airin dikutip dari situs resmi Apeksi.

Dia berharap besaran dana kelurahan bisa sama seperti dana desa. Pada rakernas nanti, Apeksi juga mengundang Menteri Dalam Negeri serta Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai pembicara.(nug)

Baca Juga:  Pilwakot Semarang 2020, Petahana Berpotensi Lawan Kotak Kosong

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of