“Rectoverso” Jadi Silaturahmi Seniman dan Mahasiswa

0
Gedung Soesmans Kantoor. Foto : Nugroho

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar pameran seni rupa. Kegiatan bertajuk “Rectoverso: Segala sesuatu yang kita cari ada dalam dirimu sendiri! Temukan sisi dirimu yang hilang” itu dilangsungkan di Gedung Soesman Kantoor, Kawasan Kota Lama, Jumat-Minggu (21-23/6). Ada kurang lebih 37 perupa, baik yang selama ini sudah dikenal sebagai seniman maupun masih mahasiswa, yang memajang karya.

Tim kurator pameran mengungkapkan, salah satu niatan penyelenggaraan acara itu memang sebagai wadah silaturahmi antara seniman dan mahasiswa. Harapannya, kerja sama dan silaturahmi antara orang-orang yang berkecimpung di dunia seni, baik mahasiswa maupun seniman dapat berkelanjutan melalui pameran seperti ini.

Baca Juga:  Tiga Dekan di Unnes Terpilih Kembali

Dijelaskan pula, meski tema utama adalah rectoverso, tapi ada lima subteman yang diusung. Kelimanya yakni tabiat, atma, purusa, garis besar, dan spasi. Tak hanya lukisan yang dipamerkan, ada juga beberapa instalasi. Kegiatan tersebut juga menghadirkan diskusi serta panggung musik.

Pengunjung melihat lukisan pada pameran Rectoverso. Foto : Nugroho

Beberapa perupa yang terlibat tak hanya dari Semarang saja. Ada nama Putut Puspito Adi dari Pati, serta Tri Bakdo dari Batang. Sementara dari Semarang ada Hartono, Kokoh Nugroho, serta Deni Aprianto.

Baca Juga:  Galeri Industri Kreatif Lengkapi Kota Lama

Pameran tersebut dibuka untuk umum dan gratis. Saat pembukaan Jumat (21/6) malam lalu, lebih dari seratus pengunjung hadir. Pengunjung terus mengalir pada Sabtu dan Minggu ini.

Tempat penyelenggaraan, Soesmans Kantoor merupakan salah satu gedung tua di Jalan Kepodang yang ikonik. Gedung dua lantai tersebut saat ini sedang dalam proses konservasi. Menurut kabar, gedung itu bakal dijadikan kafe.(nug)

 

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of