Rektor UIN Walisongo Beberkan Pentingnya Faktor Kepemimpinan

0
Peserta Rapat Koordinasi Pimpinan PTKIS foto bersama. Foto : walisongo.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Solo – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Prof Imam Taufiq baru-baru ini berbicara pada Rapat Koordinasi Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Solo. Pada kesempatan itu, dia membeberkan pentingnya faktor kepemimpinan.

“Kepemimpinan mempunyai empat unsur yang harus dipenuhi; pertama harus mempunyai kemampuan memimpin, kedua mempunyai integritas, ketiga mempunyai komitmen dan keempat mempunyai kompetensi. Pertanyaan saya, sudahkah Bapak Ibu mempunyai empat unsur tersebut? Karena menurut saya, empat unsur tersebut sangat berpengaruh terhadap kemajuan PTKIS yang Bapak Ibu pimpin,” tegas pria yang juga menjadi Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah.

Baca Juga:  Rektor UIN Walisongo Ingat Wasiat Mbah Moen untuk Kampusnya

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi terlebih dalam lembaga pendidikan. Baik-buruknya sebuah lembaga pendidikan sebagian besar tergantung pada faktor kepemimpinannya.

Selanjutnya Imam berpendapat, pimpinan PTKIS harus mempunyai kompetensi memimpin perguruan tinggi. Menurutnya ada empat faktor yang harus dipenuhi pemimpin PTKIS. Pertama, harus memahami seluk beluk perguruan tinggi yang sedang dipimpinnya. Kedua,  harus bisa mengikuti perkembangan perguruan tingginya. Ketiga, harus bisa menguasai regulasi. Dan keempat, harus mengimplementasikan Good University Governance (GUG).

Baca Juga:  Kementerian Agama Dukung Pengembangan UIN Walisongo

Imam juga menyinggung tentang isu-isu pendidikan dan mutu perguruan tinggi di masing-masing PTKIS. Rapat Koordinasi Pimpinan PTKIS itu dimulai kemarin dan berakhir Selasa (13/8) ini. Sekretaris Kopertais Wilayah X Jawa Tengah, Hasyim Muhammad mengatakan, acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang digelar dalam rangka melakukan tugas pokok Kopertais bidang pengawasan, pengendalian, dan pembinaan PTKIS.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of