Rektor Unnes Ikuti Japan-Indonesia Rectors’ Conference

0
Rektor Unnes pada konferensi internasional di Jepang. Foto : unnes.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Prof. Dr Fathur Rokhman MHum mengikuti Japan-Indonesia Rectors’ Conference yang kelima. Acara tersebut dilangsungkan di Hiroshima, Jepang, pada Kamis dan Jumat (10-11/10) ini.

Situs resmi Unnes mengungkapkan, pada forum itu, Rektor menyajikan ide membangun kampus yang berwawasan konservasi dalam memperkuat masyarakat multikultural melalui prinsip kepemimpinan bertumbuh. Menurutnya, penguatan pada masyarakat multikultural sangat relevan dengan tema konferensi yang mengusung tema penguatan masyarakat yang damai dan berkelanjutan.

Konferensi itu sendiri adalah forum bilateral dalam bidang pendidikan tinggi untuk memperkuat kerja sama antara universitas-universitas di Jepang dan Indonesia. Tema yang diusung tahun ini adalah kolaborasi dalam bidang penelitian dan pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang dama dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Bank BTN Sumbang Mobil untuk Unnes

Sejumlah 70 perwakilan dari universitas Jepang dan 82 perwakilan dari universitas di Indonesia hadir. Peserta konferensi adalah Rektor dan Wakil Rektor yang akan membahas secara mendalam tiga topik penting yakni kolaborasi pendidikan, kolaborasi penelitian, dan kolaborasi triple helix dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara itu, pada konferensi yang sama, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Dikti Ismunandar menyampaikan sambutan yang kuat tentang potensi Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi ke-empat terbesar pada 2030. Untuk menjadikan prediksi ini menjadi kenyataan dibutuhkan usaha yang besar dalam memacu perkembangan inovasi di lingkungan perguruan tinggi. Salah satu usaha yang dibutuhkan adalah bekerja sama dengan universitas mitra yang bereputasi internasional.

Baca Juga:  Mahasiswa Unnes Raih Platinum Award di Taiwan Innotech Expo

Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda yang sekarang menjadi Ketua Asosiasi Jepang Indonesia dalam sambutannya menyampaikan, Indonesia adalah salah satu mitra paling strategis yang dimiliki Jepang.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of