Revitalisasi Kota Lama Tahap II, Kementerian Gelontorkan Rp 80 Miliar

1
Kementerian PUPR memulai proyek revitalisasi tahap kedua Kota Lama Semarang pada September 2019 hingga April 2020. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan proyek revitalisasi Kota Lama Semarang tahap kedua pada September 2019 sampai April 2020 dengan anggaran multiyears. Anggaran yang disiapkan untuk proyek kali ini adalah senilai Rp 80 miliar.

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pengerjaan revitalisasi tahap dua akan melanjutkan revitalisasi tahap pertama, pengerjaan drainase, dan pembuatan literasi Kota Lama.

“Pada tahap kedua ini pengerjaan infrastruktur l mengambil titik pengerjaan pada koridor Kali Semarang, Jalan Suari Besar dan Kecil, Jalan Branjangan, dan Jalan Srigunting sisi sebelah timur.Revitalisasi tahap dua akan dikerjakan pula penanganan drainase saluran air dengan pengadaan saluran pompa air di sekitar Jembatan Mberok,” kata Ita, sapaan akrabnya, Senin (26/8).

Baca Juga:  Jangan Kaget, Ini TPS-TPS Unik di Semarang

Selain itu, proyek juga akan menjamah pada pengerjaan street furniture di Jalan Nuri, Jalan Garuda, Jalan Cendrawasih, Jalan Kepodang, Jalan Jalak, dan Jalan Sendowo.

Kota Lama Semarang. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Ita menyebut, revitalisasi tahap pertama, yaitu pada Desember 2017 hingga Juni 2019, dengan pagu anggaran Rp 160 miliar, telah berhasil membuat Kota Lama menjadi semakin indah. Pada malam hari, Kota Lama banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Ita menambahkan, sebuah museum yang berisi sejarah Kota Lama, benda cagar budaya, termasuk cerita revitalisasi dari masa ke masa akan dibangun untuk menambah literasi mengenai Kota Lama.

Baca Juga:  Statistik Messi, Sinyal Tak Berjodoh di Timnas Argentina

Dengan demikian, pengunjung tidak hanya menikmati keindahan Kota Lama, melainkan paham mengenai sejarahnya juga. Rencananya, museum tersebut akan dibangun di dekat bundaran Bubakan. (Ags)

1
Berikan Komentar

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Indonesiainside,id, Semarang – Revitalisasi Kota Lama Semarang akan dilanjutkan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai proyek revitalisi Kota Lama tahap kedua pada September 2019– April 2020 dengan anggaran multiyears. Anggaran yang dialokasikan untuk pembiayaan proyek ini senilai Rp80 miliar. […]