Sambangi Muhammadiyah, Dubes Amerika Bahas Pendidikan dan Masalah Papua

0
Dubes Amerika Serikat (AS), Joseph Donovan. Foto: Istimewa

Oleh: Ahmad ZR

Semaranginside.com, Jakarta — Dubes Amerika Serikat (AS), Joseph Donovan, mengunjungi beberapa organisasi Islam. Joseph tiba di Gedung PP Muhammadiyah sekitar pukul 14.00 WIB. Dia diterima Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dan Sekjen Abdul Mu’ti.

“Ya, pertemuan tadi membahas berbagai hal terkait dengan bagaimana pandangan Muhammadiyah dan pandangan pemerintah Amerika dalam berbagai isu nasional dan isu internasional,” kata Muti di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (15/10).

Mu’ti menjelaskan, pembicaraan berlangsung sangat lancar dan penuh dengan keterbukaan. Dalam kesempatan itu, Dubes menanyakan pandangan Muhammadiyah, atas pendirian Universitas Internasioanl Islam Indonesia (UIII).

Baca Juga:  Rusuh Papua, Tengok Papua

“Muhammadiyah sangat mendukung berdirinya UIII dan menyatakan itu penting tentang konteks pembangunan sumber daya manusia, juga dalam konteks bagaimana memperkuat Islam moderat serta memperkenalkan Indonesia di forum internasional,” ujarnya.

Dubes dari negara Paman Sam ini juga melakukan pembicaraan mengenai masalah Papua. Mu’ti menyatakan bahwa masalah Papua ini tidak sederhana dan sangat kompleks.

“Tentu perlu dilakukan penyelesaian yang komprehensif. Tidak hanya pendekatan yang bersifat politik dan juga pendekatan yang bersifat sosial, ekonomi dan kebudayaan,” katanya.

Baca Juga:  Di Perbatasan, Rupiah Dikalahkan Kina

Sementara, dalam pertemuan itu Haedar Nasir menyampaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Muhammadiyah, baik dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya untuk masalah papua. Sedangkan untuk masalah politik, Muhammadiyah mengatakan ini merupakan wewenang pemerintah pusat.

“Pak Haedar mencontohkan, bagaimana perguruan tinggi Muhammadiyah di Papua. Muhammadiyah melakukan kegiatan yang mengintegrasikan tentang Papua dengan beragam suku dan agama, baik dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan juga perguruan tinggi semuanya,” katanya. (Aza/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of