Samsung Garap Sensor Kamera Ponsel 64 Megapixel

0
Ilustrasi pengembangan kamera Samsung, Foto: Teqnoforia

Oleh: Bagas Rizki Ilhami

Semaranginside.com, Jakarta – Demi menghadirkan kualitas foto yang jauh lebih baik, Samsung kabarnya baru saja mengumumkan sensor kamera beresolusi 64 MP untuk smartphone. Jenis ini diklaim memiliki resolusi paling tinggi dibandingkan dengan sensor kamera smartphone di pasaran saat ini.

Dilansir dari dari The Verge, Jumat (10/5), sensor tersebut bernama ISOCELL Bright GW1. Ini memiliki ukuran photosite piksel 0,8 mikrometer seperti komponen sensor kamera Samsung 48 MP saat ini.

Baca Juga:  Rilis 2020, Begini Kecanggihan Samsung S11 Berteknologi NASA

Karena memiliki ukuran photosite yang sama seperti sensor 48 MP, maka kemungkinan besar sensor Bright GW1 64 MP akan memiliki ukuran lebih besar. Dengan demikian ini menjanjikan kepekaan yang lebih unggul dibandingkan dengan sensor standar.

Bright GW1 dapat juga menghadirkan gambar beresolusi 16 MP dengan menggabungkan empat piksel menjadi satu. Persis seperti sensor beresolusi 48 MP mereka saat ini yang memiliki konfigurasi resolusi default 12 MP.

Sensor gambar dari Samsung tersebut mampu menguraikan filter warna untuk pemotretan beresolusi penuh 64 MP dalam kondisi cahaya standar. Sensor Sony IMX586 48 MP juga memiliki kemampuan serupa, tetapi tidak dengan sensor 48 MP milik Samsung.

Baca Juga:  OnePlus 7 Pro Pamer Hasil Jepretan Tiga Kamera

Smartphone beresolusi kamera 48 MP kini bisa dibilang sudah menjadi hal yang umum. Sensor ini berada di ponsel Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain. Samsung memperkirakan sensor 64 MP miliknya akan segera diproduksi secara massal pada akhir tahun ini. (AS/Ags/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of