Seleksi Tim U-16 Akan Diubah

0
Para pemain di Festival PSIS U-16. Foto : web.psis.co.id

Oleh Nugroho

semaranginside.com, Semarang – Setelah libur sehari kemarin, Festival PSIS U-16 kembali digulirkan Sabtu dan Minggu (6-7/4) ini. Ajang tersebut diikuti 14 tim yang terdiri dari PSIS Selection A dan B serta 12 akademi di sekitar Kota Semarang.

Meski baru kali pertama digulirkan, festival untuk mencari bakat tersebut ternyata tak akan diteruskan. Akademi PSIS Semarang telah memiliki rencana baru. Hal tersebut diungkapkan Direktur Akademi PSIS Semarang Muhammad Ridwan.

“Ini memang baru kali pertama kali kami adakan Festival PSIS U-16. Tapi nanti ke depannya, kita akan mengubah sistemnya menjadi sistem kompetisi,” ujarnya.

Perubahan sistem seleksi tersebut dinilai lebih baik untuk menemukan bakat yang diharap bisa menjadi tulang punggung tim utama PSIS ke depan. Meski begitu, pelaksanaan festival kali ini tetap diutamakan. Ridwan bahkan menegaskan, festival ini merupakan ajang seleksi yang sesungguhnya bagi mereka yang ingin menjadi bagian dari PSIS.

Baca Juga:  Haudi Abdillah Berlabuh ke Bali United

“Festival ini seleksi yang sebenarnya. Kami akan ambil bakat muda terbaik melalui Festival PSIS U-16 yang nantinya akan menjadi pemain untuk PSIS Semarang U-16 dan bertanding pada kompetisi yang akan digelar oleh PSSI,” kata Ridwan dikutip dari situs resmi PSIS.

Dipaparkan oleh Ridwan, pelaksanaan seleksi sebelumnya merupakan langkah untuk mengakomodir peminat dari luar Semarang. Memang, tak dimungkiri, banyak bakat muda dari luar kota yang menunjukkan ketertarikan untuk mengikuti seleksi tersebut.

“Kalau seleksi kemarin kami adakan untuk mengakomodir pendaftar dari luar Semarang. Kalau kita hanya mengundang 12 akademi yang ada di Semarang, saya rasa tidak fair. Karena itu kami adakan seleksi untuk mengakomodir talent di luar 12 akademi yang kami panggil,” terang Ridwan.

Baca Juga:  Jadwal Berat Menanti PSIS sebelum Lebaran

Ridwan juga mengungkapkan, selain membentuk tim PSIS U-16, tujuan pelaksanaan Festival PSIS U-16 adalah mengukur tingkat pembinaan.

“Tujuan yang pertama yaitu untuk membentuk tim PSIS U-16 yang akan mengikuti kompetisi dari PSSI. Kedua, melalui festival ini kita bisa mengukur sejauh mana level pembinaan di Kota Semarang dan sekitarnya. Terus yang ketiga, ajang ini sebagai ajang silaturahmi antarakademi yang ada di Semarang. Bisa menjadi momen untuk transfer ilmu,” tambah Ridwan.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of