Separo Lebih Lulusan Undip Berpredikat Cumlaude

0
Rektor Undip menyalami wisudawan. Foto : undip.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Universitas Diponegoro (Undip) meluluskan 2.679 wisudawan pada wisuda ke 155, Kamis (6/8) di Gedung Prof Soedarto SH, Kampus Undip Tembalang. Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, wisudawan kali ini terdiri dari program doktor yang berjumlah 48 orang, program magister 303 orang, spesialis 37 orang, profesi 82 orang, program sarjana 1.591 orang, dan diploma sebanyak 618 orang. Sejumlah 1.371 orang atau 51 persen diantaranya mencapai hasil cumlaude atau lulus dengan pujian, dimana hasil tersebut meningkat dari tahun yang sebelumnya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan jika Undip meluluskan sebanyak 54 orang mahasiswa dengan jalur beasiswa bidikmisi

Baca Juga:  Undip Proyeksikan Desa Kebumen Jadi Sentra Perikanan

“Kita semua patut bersyukur karena menjadi alumni universitas peringkat 2 PTNBH terbaik nasional dan masih banyak lagi prestasi Undip di Kancah nasional maupun International” ujar Rektor dikutip dari situs resmi Undip.

Dalam kesempatan tersebut, Yos juga berharap para lulusan Undip menjadi alumni yang pancasilais, religius, yang sukses di kehidupan dunia dan akhirat, serta mampu menjadi suritauladan bagi generasi berikutnya.
“Saat ini para wisudawan dan wisudawati akan menghadapi masa revolusi Industri tahap ke 4 yang ditandai dengan banyak hal, seperti internet of thing, robotic worker, artificial intelegent, big data serta diikuti dengan gejala disruption. Cara pandang kebangsaan dari citizen menjadi netizen, dari nation menjadi web nation. Bagaimana menghadapi itu semua, tidak lain adalah dengan menghadapi perubahan. Berubah atau kalah,” tegasnya.
Dia juga mengingatkan pentingnya riset untuk mendukung kelangsungan bangsa.
“Bangsa yang hebat adalah bangsa yang didukung oleh riset ilmu pengetahuan, maka senyampang dengan hal itu Undip tanggap dan menyelaraskan visinya menjadi Universitas Riset yang Unggul. Karena kita yakin riset yang kuat dan hebat sajalah yang akan membawa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia. Undip menyiapkan itu semua dengan memperbesar jumlah alokasi dana penelitian dan memperbaiki kualitas laboratorium,” ungkap Yos.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of