Sesaji Rewanda Mulai Dipromosikan

0
Pelaksanaan Sesaji Rewanda yang lalu. Foto semarangkota.go.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Salah satu atraksi wisata di Kota Semarang yang menarik banyak minat masyarakat yakni Sesaji Rewanda. Ritual tersebut biasa dilangsungkan beberapa hari setelah Lebaran di Goa Kreo yang kini masuk kawasan Waduk Jatibarang. Tahun ini, kegiatan tersebut bakal kembali bergulir.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari baru-baru ini telah mengunggah video singkat di akun Instagram miliknya. Dia mengungkapkan, Sesaji Rewanda tahun ini bakal dilangsungkan Minggu, 9 Juni 2019.

Baca Juga:  Sebagian Huntara untuk Warga Tambakrejo Jadi Senin

“Terbuka untuk umum (gratis). Dijamin asik!” tulisnya.

Menurut agenda, Sesaji Rewanda akan dilangsungkan pukul 08.30. Sesaji Rewanda merupakan upacara ritual tradisional yaitu pemberian makan kepada kera –kera ekor panjang yang hidup di sana. Biasanya, acara tersebut dimeriahkan dengan arak-arakan dari masyarakat sekitar.

Kegiatan itu kemudian dilanjutkan pada malam hari dengan pertunjukan Mahakarya Goa Kreo. Pertunjukan itu akan dilangsungkan mulai pukul 19.30. Pertunjukan tersebut sudah beberapa tahun terakhir dipentaskan rutin. Bahkan, baru-baru ini, pementasan itu diusung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

Baca Juga:  Mahasiswa Undip Buat Inovasi dari Limbah Tulang Ayam

Konsep cerita tarian berdasar kisah Sunan Kalijaga yang mendapat tugas mencari kayu jati untuk tiang Masjid Demak. Saat itu, ia dibantu beberapa kera dari Goa Kreo. Itulah mengapa, Sesaji Rewandha di Goa Kreo hingga saat ini masih dilakukan. Mahakarya Goa Kreo biasa dibawakan secara kolosal dengan melibatkan lebih dari seratus penari serta masyarakat sekitar.(nug)

 

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of