Siapa Lagi Terseret e-KTP, KPK Umumkan Sore Ini

0
Terpidana kasus e-KTP Setya Novanto (kiri) berjabat tangan dengan terdakwa kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1, mantan Dirut PLN Sofyan Basir (kedua kanan) usai bersaksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12/8/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Oleh: Rudi Hasan

Semaranginside.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengumumkan tersangka baru kasus e-KTP. Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut hal itu akan diumumkan dalam jumpa pers sore ini.

“KPK umumkan tersangka baru kasus e-KTP sore ini,” ujar Febri di Jakarta, Selasa, (13/8).

Rencana pengumuman sudah diutarakan sejak awal Juli 2019. Kala itu, Febri menyebut pihaknya menyasar beberapa unsur. Salah satunya pejabat pemerintahan. Febri memberi clue bahwa tersangka bisa berasal dari legislatif maupun instansi pemerintah.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan tersangka juga hadir dari unsur pihak swasta.
Menurutnya, kemungkinan adanya tersangka baru jelas terbuka lebar. Sepanjang ada bukti yang cukup untuk menjerat mereka. Prosesnya bisa mulai dari pengembangan penyidikan atau penuntutan.

Baca Juga:  Penyanyi Iis Sugianto Diperiksa KPK

Namun hingga kini, Febri masih menutup rapat identitas calon tersangka. Adapun Wakil Ketua KPK Saut Situmorang sebelumnya memberikan petunjuk bahwa ada dua tersangka baru.

“Dua (tersangka), namanya nanti dulu nanti,” kata Saut saat dikonfirmasi, Selasa (30/7).

Menurut dia, saat ini penyidik sedang melakukan pendalaman. Mereka juga punya pertimbangan terkait penetapan tersangka, sehingga Saut masih urung menyebut nama.

“Kita perlu waktu kemarin ada statement, tinggal tunggu sebentar lagi,” kata Saut.

Kasus e-KTP disebut-sebut sebagai korupsi mega triliun dengan kerugian mencapai Rp 2,3 triliun. Adapun korupsi proyek senilai Rp 5,9 triliun itu telah menyeret beberapa orang ke penjara.

Baca Juga:  Mahfud MD Sudah Tahu Perilaku Romahurmuziy

Ada delapan orang yang menjadi tersangka kasus ini. Mereka yakni Markus Nari, Irman, Setya Novanto, Sugiharto, Anang Sugiana Sudihardjo, Irvanto Hendra Pambudi, Andi Narogog dan Made Oka Masagung.

Saat ini, tujuh orang telah dijebloskan ke penjara. Sementara Markus Nari akan menjalani persidangan. (EP)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of