Singapura Bakal Terbitkan Izin Lima Bank Digital

0
Ilustrasi. Foto: BankInfoSecurity

Oleh Andryanto S

Semaranginside.com, Jakarta — Otoritas Moneter Singapura (MAS) menyatakan akan menerbitkan hingga lima izin bank digital baru, sehingga dapat memperluas lisensi bank digital kepada pemain-pemain non-bank.

Menurut MAS, penerbitan izin tersebut merupakan tambahan bagi bank digital yang dapat didirikan oleh kelompok perbankan Singapura berdasarkan kerangka internet banking yang ada dan diperkenalkan pada tahun 2000.

MAS dalam siaran pers pada Jumat (28/6) menjelaskan bahwa lima lisensi bank digital baru akan terdiri dari dua lisensi bank digital penuh yang memungkinkan pemegang lisensi untuk menyediakan berbagai layanan keuangan dan mengambil setoran dari pelanggan ritel; dan tiga lisensi bank digital grosir yang memungkinkan pemegang lisensi untuk melayani usaha kecil menengah (UKM) dan segmen non-ritel lainnya.

Baca Juga:  Ratusan BPR Belum Penuhi Modal Minimum

Pihak berwenang mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk mengundang aplikasi-aplikasi untuk lisensi baru pada Agustus tahun ini. Aplikasi untuk lisensi bank digital penuh terbuka untuk perusahaan yang berkantor pusat di Singapura dan dikendalikan oleh warga negara Singapura, dan aplikasi untuk lisensi bank digital grosir terbuka untuk semua perusahaan.

Perusahaan-perusahaan asing memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi bank penuh ini, jika mereka membentuk perusahaan patungan dengan perusahaan Singapura, dan perusahaan patungan tersebut memenuhi persyaratan kantor pusat dan kontrol, katanya pula.

Baca Juga:  Wapres: Digitalisasi Perbankan Berisiko Picu Pengurangan SDM

Menurut MAS, masuknya pemain digital baru akan menambah keragaman dan memperkuat sistem perbankan Singapura pada ekonomi digital masa depan.(*/Dry/Ant)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of