SKAK Wadahi Kreativitas Warga Ngadirgo

0
Ibu-ibu Ngadirgo bermain lesung di depan Sanggar SKAK. Foto : Dokumentasi Fotkas

Oleh Ahmad Fauzi

Para remaja dan pemuda di Ngadirjo membentuk Sanggar Kreativitas Anak Kampung (SKAK). Sanggar tersebut mewadahi kreativitas mereka dalam bidang seni.

Semaranginside.com, Semarang – Sanggar Kreativitas Anak Kampung atau SKAK merupakan salah satu gagasan dan akar kesenian yang tumbuh dari kampung. Awalnya dari kegiatan bersama Sedulur Ngadirgo. Mereka sebagian besar adalah anak-anak serta remaja atau pemuda yang sebagian putus sekolah, pasca-lapas, dan dalam situasi rentan melakukan tindak kriminal.

“Kami perlu memperbaiki stigma buruk dari masyarakat dengan membentuk komunitas sebagai ruang partisipasi untuk mengembangkan bakat dan minat sesuai potensi diri setiap insan” ujar Siti Utami selaku ketua SKAK.

Baca Juga:  Persiapan PSIS Tinggal Satu Bulan

SKAK mencoba untuk memberikan ruang belajar nonformal yang mengutamakan keterampilan sebagai bentuk partisipasi masyarakat. Tujuannya mendorong potensi yang dimiliki anak-anak, pemuda, dan masyarakat kampung supaya mampu mengembangkan apa yang menjadi bakat serta minat sebagai bekal keterampilan masa depan.

Berdiri pada 2017, SKAK baru saja  memiliki sanggar yang diresmikan Minggu (31/3) oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Acara peresmian tersebut sekaligus menjadi penutup dari rangkaian peringatan hari teater dunia, Titik Kumpul #3 “Mijiling Kidung kampung”.

Baca Juga:  Anggaran Dikurangi, Huntara Ketiga Terancam Tak Direalisasi

Utami juga menjelaskan, SKAK mendukung dan membentuk karakter insan dengan mengembangkan kreativitas minat bakat sesuai potensi diri, memberi ruang partisipasi untuk anak dan pemuda tanpa diskriminasi, menanamkan rasa percaya diri serta nilai-nilai kehidupan sosial masyarakat, dan menjadikan anak serta pemuda sebagai pelopor dan pelapor dalam kehidupannya.

Dia berharap Sanggar SKAK dapat menjadi wadah kreativitas masyarakat, khususnya pemuda Ngadirgo untuk berkarya dan menjadi kegiatan positif untuk lingkungan masyarakat.(*)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of