Statistik Memihak The Citizens, Tapi Tidak dengan Golnya

0
Bek Manchester City, John Stones. Foto: Antara

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Liverpool – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan fans bisa jadi kesal bukan main saat The Citizen bertandang ke Anfield, kandang Liverpool, pada Senin (11/11) dini hari. Menguasai semua statistik pertandingan namun tak bisa memenangkan. Mereka malah keok 3-1 dari tuan rumah Liverpool.

Bertandang ke Liverpool, Pep Guardiola optimis dengan menempatkan Sergio Kun Aguero di lini serang. Aguero ditopang oleh Kevin De Bruyne, Sterling dan Bernardo Silva. Sebagai gelandang bertahan sekaligus jangkar adalah Ilkay Gundongan dan Hernandez.

Racikan pelatih berkepala pelontos ini manjur. Dari catatan Sports, The Citizen meguasai 56 persen penguasaan bola, berbanding 44 persen milik Liverpool. Tak hanya itu, jumlah tembakan mereka juga lebih banyak yakni 18 dan berbanding 12.

Baca Juga:  Kong Tik Soe, Saksi Pemberantasan Buta Huruf di Semarang

Menguasai lini tengah, jumlah umpan John Stones dkk juga lebih banyak, 505 berbanding 411 umpan milik tuan rumah. Jumlah tendangan sudut pun demikian, 13 berbanding empat. Bahkan jumlah pelanggaran yang dilakukan pemain City hanya 5 kali dan berbanding 10 kali yang dilakukan pemain The Reds.

Namun sayang, statistik mentereng itu tak diikuti dengan jumlah gol. The Citizen hanya mampu mengonversi satu gol dari tiga tendangan yang mengarah ke gawang. Sementara Liverpool berhasil tiga kali melesakkan bola ke gawang dari lima tendangan on target.

Baca Juga:  Di Arab Saudi, PKS Kalahkan Gerindra dan PDIP

Tiga gol Liverpool dicetak oleh Fabinho melalui tendangan jarak jauhnya di menit ke 6 dan digandakan oleh sundulan Mohamed Salah di menit ke 13. Pada saat babak kedua baru berjalan enam menit, Sadio Mane menambah keunggulan Liverpool. Sementara satu gol hiburan Manchester City dicetak oleh Bernardo Silva di menit ke 78.

Dengan kekalahan ini, posisi Manchester City turun di klasemen sementara Liga Inggris, dari tangga kedua menjadi keempat dengan 25 poin. City terpaut 9 angka dari Liverpool yang memimpin klasemen. Di atas City ada Leicester City dan Chelsea yang sama-sama memiliki 26 poin.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of