Suhu Udara 50℃ dalam 3 Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG

0
Ilustrasi. Suhu udara panas. Foto: Antara

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Beberapa hari terakhir, suhu udara di Kota Semarang terasa panas di atas rata-rata setiap harinya. Bahkan, pada Selasa (22/10) lalu, suhu udara di Kota Semarang mencapai 39,4 derajat celcius, memecahkan rekor sebelumnya pada 18 Oktober 2002 lalu yang mencapai 38,5 derajat celcius.

Siang hari ini, Rabu (23/10) suhu di Kota Semarang kembali turun menjadi 38 derajat celcius. Suhu rata-rata yang biasanya terpantau di siang hari berkisar 36 derajat celcius.

Dalam cuaca panas tersebut, beredar pesan berantai melalui aplikasi perpesanan WhatsApp yang menyebutkan dalam 3 hari ke depan akan terjadi cuaca ekstrim. Dalam pesan tersebut dituliskan bahwa di Papua akan terjadi peningkatan suhu hingga 50 derajat celcius.

Baca Juga:  Didampingi Ganjar, Raja Malaysia Piknik di Borobudur

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, Iis W Harmoko mengatakan bahwa informasi tersebut adalah kabar bohong atau hoaks. Dia meminta masyarakat untuk mencari kebenaran informasi pada badan yang kompeten.

“Hari ini, suhu Tegal 33-34 derajat celcius, Cilacap 30-31 derajat celcius, Banjarnegara 29-30 derajat celcius, Semarang 37-39 derajat celcius. Untuk Sragen dan Solo Raya kami sampaikan data dari Meteo Adi Sumarmo 36-37 derajat celcius,” kata Iis kepada detikcom, Rabu (23/10).

Baca Juga:  Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Selatan Jawa Tengah

Iis menambahkan pengukuran suhu di smartphone dan di BMKG bisa saja berbeda karena alat yang digunakan untuk mengukur juga berbeda. Jika di BMKG menggunakan sensor langsung, berbeda dengan smartphone yang tidak menggunakan sensor langsung.

Dia menegaskan, BMKG menggunakan alat standar dari World Meteorological Organization (WMO) yang selalu rutin dilakukan kalibrasi agar datanya valid.

“Yang membedakan dengan peralatan lain dengan BMKG adalah peralatan kami menggunakan alat standar WMO dan alat kami selalu rutin di kalibrasi yang tujuannya untuk menghasilkan data yang akurat dan valid,” tegasnya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of