Tatjana Saphira Mulai Jalani ‘Detoks’ Media Sosial

0
Tatjana mengaku dirinya merasa lebih tenang dan damai setelah melakukan detoks social media. Foto: Wardah Journey

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Komentar-komentar netizen yang tak menyenangkan, menjadi salah satu faktor yang membuat Tatjana Saphira mengurangi penggunaan media sosial.

Semaranginside.com, Jakarta — Bagi sebagian selebriti, media sosial digunakan sebagai media interaksi bagi ia dan penggemarnya melalui dunia maya. Sosial media ‘menuntut’ para penggunanya untuk selalu tampil sempurna di depan publik, dan hal tersebut tentunya akan berdampak pada kondisi psikologis penggunanya.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Tatjana Saphira. Ia mengaku sedang ‘detoks’ media sosial. Hal itu dilakukan karena ia melihat bahwa banyak orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu bermain media sosial, sampai-sampai lupa bahwa waktu yang kita punya bisa dipergunakan untuk melakukan sesuatu yang lebih penting.

“Ini salahnya dengan dunia social media. Orang lupa, social media itu mengakurasi diri kita, jadi enggak mungkin kita menunjukkan sisi buruk. Yang kita pilih, sisi baiknya saja,” ujar Tatjana

Baca Juga:  170.000 Jamaah Tiba Di Makkah, 195 Sakit dan 41 Meninggal Dunia

Padahal, menurut aktris berusia 21 tahun tersebut, dirinya kerap merasa tak percaya diri terhadap bentuk tubuh maupun penampilannya “Orang enggak tahu yang di baliknya. Aku sering banget dapat komentar kayak, ‘Ah, cantik, bebas.’ Padahal, aku sering mengalami problem kulit, enggak percaya diri sama badan. Kayak enggak enak saja, apa yang dilakukan itu dibandingkan,” tuturnya.

Komentar-komentar netizen yang tak menyenangkan tersebut pun menjadi salah satu faktor yang membuat Tatjana Saphira mengurangi penggunaan media sosial. Di samping itu, ia juga menyadari pentingnya menikmati secara utuh momen dalam keseharian, alih-alih sibuk mengabadikannya untuk dipamerkan di media sosial.

“Kadang-kadang kita terlalu fokus sama social media sampai lupa sama kegiatan sehari-hari. Makanya, sekarang aku menjalankan rutinitas detoks social media. Tiga hari aku matikan, empat hari aku nyalakan. Atau paling aku buka kalau ada yang wajib aku post,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tak Capai Target, Ketua DPW PPP Jateng Akui Kesalahan di Depan Ketum

Tatjana mengaku sudah lama berupaya melakukan ‘detoks’ media sosial. Namun, pemain film ‘Sweet 20’ tersebut baru mulai konsisten sejak dua bulan belakangan ini. Lantas, dengan menjalani ‘detoks’ media sosial, apa yang dirasakan oleh perempuan kelahiran 21 Mei 1997 itu?

“Lebih tenang saja, lebih damai. Lebih present dan lebih menghargai orang lain karena aku paling sebal kalau lagi kumpul sama teman terus ada yang sibuk main handphone. Menurut aku, itu enggak respek sama waktu yang kita punya untuk berkumpul satu sama lain,” tandas Tatjana Saphira. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of