“Teror” Kokoh Lewat Kertas-Kertas

0
Pengunjung pada pembukaan pameran. Foto : Nugroho

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Gallery B9 di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi tempat pameran tunggal Kokoh Nugroho. Pada pembukaannya semalam, ratusan pengunjung datang. Memang, meski cukup lama menekuni dunia seni rupa, pameran bertajuk Kertas Kokoh yang berlangsung hingga 17 Oktober mendatang merupakan pameran tunggal pertamanya.

Pada pamerannya ini, Kokoh terlihat menumpahkan semua daya kreatif lewat medium kertas. Dia membagi ruang pameran dalam beberapa bagian. Semuanya diurutkan berdasar angka tahun.

Pada ruang pertama setelah pintu masuk, akan terlihat karya-karyanya pada sekitar 2015-2016. Pada masa ini, sebagian besar kertas yang digunakannya berukuran besar.

Baca Juga:  Seribu Pelajar Akan Menggambar Bangsa

Setelah itu, ruangan berikutnya berisi puluhan karya Kokoh dengan medium kertas seukuran A3. Pada ruangan ini, pengunjung bakal “terteror” oleh garis serta kalimat-kalimat yang digoreskannya.

Ruang berikutnya menampilkan karya-karya terbaru Kokoh. Pada masa ini, dia tak hanya menggunakan kertas gambar tapi juga kertas bekas untuk berekspresi. Kertas bungkus kedai kopi ternama misalnya, bisa menjadi medium apik baginya.

Pameran tersebut menggelar 253 karya. Warna hitam tampak dominan dalam karya-karyanya.

Kurator Wahyudin mengungkapkan, karya-karya yang dipajang dibuat dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Dia mengungkapkan, pameran nanti berikhtiar mengetengahkan karya-karya kertas Kokoh Nugroho itu dalam wacana budaya mutakhir sebagai bukan hanya “model penggambaran” atas sesuatu yang tertangkap panca indra Kokoh Nugroho, melainkan juga “model pernyataan”-nya atas apa-apa yang berlangsung di sekitarnya, dari mimpi-mimpi pribadinya sampai masalah ilmu-politik-sosial-budaya di republik ini.(nug)

Baca Juga:  Meneguhkan Seni Rupa Bandung

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of