Terus Melonjak, Harga Bawang Dekati Sapi

0
Foto: Antara

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Menjelang bulan puasa, harga bawang putih terus melonjak. Jika pada hari-hari biasa di kisaran Rp 40-50 ribu, saat ini di Kota Semarang sudah mencapai Rp 80 ribu. Sementara harga daging sapi Rp 90-110 ribu.

Kenaikan harga bawang putih terjadi beberapa pekan sebelum masuk bulan puasa. Penyebabnya, ketersediaan komoditas bumbu dapur itu terlampau sedikit jika dibandingkan permintaan.

Salah satu pedagang di Pasar Peterongan Kota Semarang, Nanik mengaku keanikan signifikan terjadi pada awal Mei. Pada pekan terakhir April harga bawang putih per kg nya Rp 60 ribu. “Saat ini sudah Rp 80 ribu,” kata Nanik, Minggu (5/5).

Baca Juga:  Impor Membanjir, 6 Kegagalan Program Ekonomi Jokowi Paling Digarisbawahi

Kenaikan itu disebutnya biasa saja jika dibandingkan dengan tahun atau momen liburan atau menjelang puasa pada tahun-tahun sebelumnya. Nanik mengaku telah 16 tahun berjualan di pasar dan salah stau yang paling laris adalah bumbu dapur.

Jika harga bawang putih melonjak, tak deikian dengan bawang merah. Saat ini harga masih di kisaran Rp 35  ribu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Soekowardoyo mengatakan bawang putih memberikan dampak inflasi bulanan di Jawa Tengah. Bawang putih memberikan andil inflasi sebesar 0,162 persen sebagai dampak penurunan pasokan akibat kebijakan impor Pemerintah. Sementara Bawang merah memberikan andil inflasi sebesar 0,177 persen, akibat masa paceklik.

Baca Juga:  Inflasi Terjaga, 6 Keberhasilan Program Ekonomi Jokowi Paling Dikenang

“Tahun ini saat masuk Ramadan dibarengi dengan kenaikan bawang putih. Kami sangat berharap pemerintah membuka impor bawang putih dan cepat di distribusikan ke Jawa Tengah,” terangnya. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of