The Santri Kenalkan Pesantren Lewat Film

0
Ketua Umum pengurus besar Nahdatul Ulama, Said Aqil Siradj bersama Livi Zheng dan Purwacaraka dalam konferensi pers trailer film The Santri di kantor PBNU Jakarta. Senin (9/8). Foto: Antara

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Diantara film-film anyar yang hadir di bioskop Indnesia, kembali muncul film bernuasa Islami. Film yang berlatar belakang pesantren ini berjudul The Santri.

Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki nilai-nilai perdamaian dan toleransi dalam kehidupan beragama. Nilai-nilai tersebut terdapat dalam sosok santri dan kehidupan pesantren.

Tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian, kesederhanaan, serta kecintaan pada tanah air, menjadi sebuah khazanah bangsa yang wajib dilestarikan.

Itulah yang ingin diangkat pada film The Santri. Bertempat di kantor Pengurus Besar Nahdatul Ulama Jakarta, pada Senin (9/8), film yang disutradarai oleh Livi Zheng dan komposer Purwacaraka ini merupakan wujud kerjasama antara PBNU melalui NU Channel ini bertujuan untuk mengenalkan dunia Santri sebagai bagian dari edukasi publik tentang nilai-nilai, sejarah, kebudayaan, keindahan alam dan peradaban Indonesia.

Baca Juga:  Ingin Terkenal, Pria Ini Pura-Pura Mati lalu Hidup Lagi

Sutradara Livi Zheng, mengaku sangat senang ketika diminta menyutradari film ini. “Ketika ditawarin untuk menyutradari film ini, saya langsung tertarik, karena sejarah Indonesia tidak terlepas dari santri,” Papar Livi.

Dalam kesempatan yang sama, komposer kenamaan Indonesia, Purwacaraka mengaku antusias untuk terlibat dalam film yang digagas oleh Nahdatul Ulama ini. “Semua yang nasionalis, dan untuk kemajuan bangsa saya harus support,” Ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Said Aqil Siradj mengatakan, pembuatan film The Santri adalah sebagai media dakwah pendidikan budaya, serta contoh bagi generasi milenial.

Baca Juga:  Mencuat, Kartel Garam Diduga Kendalikan Pasokan dan Disparitas harga

“Film bagian dari media cara kita menyampaikan pesan dari ajaran agama Islam yang merangkul, ramah semua kalangan,” Ujar Said.

Ia menambahkan, jika sangat mungkin akan ada film film lain yang menjadi rujukan pembelajaran nilai-nilai Islam yang bisa diperkenalkan ke seluruh dunia.

Produksi film The Santri akan dimulai pada bulan Oktober 2019 bertepatan dengan perayaan Hari Santri. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of