Tingkat Keberhasilan Rendah, INDEF Kritisi Target Startup Cawapres 01

0
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin.Foto: Antara

Oleh: Andryanto S

Semaranginside.com, Jakarta — Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Hanif Muhammad mengkritisi target pertumbuhan jumlah startup (perusahaan rintisan) yang diungkap oleh calon wakil presiden (cawapres) 01 KH Ma’ruf Amin. Pertumbuhan jumlah startup memang cenderung tinggi, namun keberhasilannya masih rendah.

“Tingkat keberhasilan startup masih sangat rendah, sehingga perlu pendampingan yang lebih serius,” ujar Hanif, Ahad (17/3) malam.

Menurut dia, program 1.000 startup digital merupakan program yang sangat penting karena teknologi dan IT menjadi pendorong utama yang bisa membuat suatu model bisnis tumbuh dengan cepat. Bisnis ini juga berdampak besar bagi perekonomian, seperti ojek online yang menjadi gelombang besar dan menyerap tenaga kerja baik driver, merchant makanan minuman, dan lain-lain.

Baca Juga:  Presiden Tegaskan Muka-Muka Lama Akan Isi Kabinet Baru

“Akan tetapi perlu dicatat angka 1.000 startup digital dalam 4 tahun terakhir pada umumya adalah angka startup yang diinkubasi,” papar Hanif.

Dalam debat Cawapres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Ahad (17/3), Ma’ruf juga memamerkan jumlah startup yang tumbuh hingga 1.000. Cawapres 01 KH Ma’ruf Amin menargetkan pertumbuhan startup hingga 3.500 pada 2024 jika paslon nomor 01 terpilih.

“Pemerintah saat ini juga telah membangun infrastruktur langit sekarang ini digital, telah tumbuh startup yang dalam tempo 5 tahun kita mengembangkan 1.000 startup. Padahal di Iran butuh 10 tahun untuk mengembangkan jumlah sebanyak itu,” paparnya.

Baca Juga:  Unicorn Picu Capital Outflow, INDEF Ingatkan Bahaya ke Depan

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2016 memiliki program Gerakan 1.000 Startup Digital untuk melahirkan perusahaan-perusahaan rintisan baru. Berdasarkan data Kominfo pada Oktober 2018, program itu sudah melahirkan 525 startup.(*/Dry)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of