Tips Agar Anda Lebih Sering Makan Buah

0
Foto: Biggies Boxers

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Badan Kesehatan Dunia menyarankan setiap orang makan minimal 400 gram buah dan sayuran setiap harinya

Semaranginside.com, Jakarta — Buah-buahan menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Dengan rutin makan buah setiap hari, bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, membuat badan lebih bugar, hingga membantu mengendalikan berat badan. Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Kesehatan RI mewanti-wanti masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan demi mendukung gaya hidup sehat.

Badan Kesehatan Dunia juga mengamini anjuran ini, dengan menyarankan setiap orang makan minimal 400 gram buah dan sayuran setiap harinya. Jika Anda termasuk tipe orang yang jarang makan buah, Anda tidak sendirian.

Ikutilah tips beragam ini, tapi menyenangkan di bawah ini agar Anda bisa lebih banyak ngemil buah segar setiap hari.

Agar sering makan buah, jadikan buah-buahan favorit anda sebagai camilan. Foto: Boldsky.com

1. Perbanyak Stok Buah-buahan Favorit Anda
Letakkan buah-buahan dan sayuran di meja atau di tempat yang mudah dan sering dilihat oleh Anda. Semakin sering dilihat, semakin besar kemungkinan Anda untuk melahap buah-buahan tersebut.

Baca Juga:  Naomi Osaka Dibayangi Cedera di Cincinnati

2. Mencoba Buah Baru
Ketika Anda pergi ke kios atau pasar buah, pilih buah yang berbeda dari hari kemarin. Pilihlah buah yang berwarna-warni agar Anda senang melihat dan melahapnya. Atau campurkan buah-buahan (dan sayuran) ke dalam makanan favorit. Misalnya mencampurkan pisang atau stroberi ke dalam yogurt atau sereal sarapan, atau tambahkan irisan stroberi atau bluberi ke dalam adonan panekuk atau sebagai topping.

3. Membuat Kreasi Buah
Jika bosan makan buah langsung, cobalah untuk mengkreasikannya. Anda bisa makan buah dengan cara dijus atau es loli (sorbet buah). Anda juga bisa meracik rujak dengan sambal kacang bikinan sendiri. Ingat, apapun kreasi buah yang Anda bikin, jangan tambahkan gula secara berlebihan.

4. Makan Buah Kering
Jangan ragu memilih buah kering. Buah yang dikeringkan seperti kismis, kurma, apricot, persik dan plum kering masih memiliki serat tinggi. Pengeringan ini akan mengurangi kandungan air pada buah yang justru meningkatkan proporsi vitamin dan nutrisinya.

Baca Juga:  Terkait Impor Beras, Jokowi Punya Celah untuk Dikritik

5. Jadikan Camilan
Jika selama ini anda memakan camilan hanya kue ataupun makanan ringan, kali ini cobalah ganti dengan buah segar. Potong beragam buah dalam ukuran kecil, tempatkan dalam wadah berukuran sedang kemudian simpan di freezer. Saat ingin pergi beraktivitas tinggal ambil simpanan buah di freezer dan bisa dinikmati selagi dingin.

Tidak ada waktu terbaik untuk makan buah. Anda bisa mengonsumsinya kapan saja: pagi, siang, malam, sebelum atau sesudah makan, juga sebelum dan setelah olahraga. Buah paling baik jika langsung dimakan dalam bentuk utuh saat masih segar. Jadi, jangan ragu untuk makan buah mulai dari sekarang. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of