Tips Menghindari Spoiler Film Avengers: Endgame

0
Lusa besok, film Avengers: Endgame mulai masa pemutarannya di bioskop.Foto: Istimewa

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Cara terbaik untuk menghindari spoiler film adalah berhenti mencari informasi di internet atau media sosial sampai Anda menontonnya sendiri

Semaranginside.com, Jakarta Lusa besok, film Avengers: Endgame mulai masa pemutarannya di bioskop. Segala macam informasi hingga bocoran atau spoiler pun mulai bertebaran di dunia maya. Dari media sosial, hingga obrolan di gogrup berbagai pesan, semuanya ada.

Faktanya, tidak semua orang menyukainya. Spoiler atau bocoran film memang menjengkelkan bagi sebagian orang. Bahkan, ada yang sengaja tidak melihat trailer film sebelum mereka menontonnya. Bagi mereka, ini akan menghilangkan sensasi kejutan saat mereka menonton film ini karena sudah bisa ditebak dari awal.

Seperti yang sudah-sudah, untuk film Avengers: Endgame, spoiler-nya dipastikan bakal tumpah ruah begitu premiernya digelar. Biasanya sehari sebelum filmnya resmi ditayangkan di bioskop. Namun, untuk film Marvel ini, bahkan sebelum premier pun, bocoran alur ceritanya sudah dibahas oleh banyak pihak.

Hal ini memang tidak membuat nyaman. Apalagi, Marvel sudah berusaha keras untuk menyembunyikan cerita detil film ini serapat mungkin. Bahkan, duo sutradara Avengers: Endgame, Anthony dan Joe Russo, telah meminta penggemar untuk tidak memberikan spoiler atau bocoran. Mereka membuat kampanye #ThanosDemandsYourSilence dan #DontSpoilTheEndgame.

Ada sejumlah cara untuk menghindari spoiler film Avengers: Endgame. Salah satunya adalah dengan menjadi penonton jam pertama, begitu film ini tayang di bioskop. Bahkan, ada bioskop yang menyediakan jam tayang pada pukul 05.00 WIB untuk pemutaran film ini pada 24 April, atau hari pertama film ini ditayangkan di Indonesia.

Namun, jika Anda tidak bisa nonton di hari pertama dan tidak mau membaca bocoran/spoiler film ini, bisa ikuti langkah yang direkomendasikan Screen Rant:

Baca Juga:  Film Wajib Tonton Di Bulan April

Membisukan Spoiler Avengers: Endgame di Media Sosial

Sebenarnya, banyak platform di media sosial yang memperkenalkan fitur membisukan (mute). Fitur ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menyembunyikan unggahan apa pun dari akun tertentu atau yang mengandung kata atau frasa tertentu. Caranya?

1. Twitter
Platform ini memberikan kendali sepenuhnya kepada penggunanya untuk melindungi diri dari spoiler. Semua akun bisa di-mute, tapi juga membuat penggunanya bisa me-mute kata-kata tertentu.

Caranya, masuklah ke bagian “Setelan (setting) dan privasi (privacy)”, kemudian masuklah ke “Content Preferences (Preferensi Konten)”, buka “Bisukan (Muted)” di bawah tab Keamanan (Safety), pilih “Bisukan Kata (Muted Words)”, klik “Tambahkan (Add)” di bagian sudut kanan bawah dan kemudian ketiklah kata atau frasa yang ingin dibisukan.

Spesifikasi pada durasi pembisuan, siapa yang dibisukan dan di mana dunia yang dibisukan yang tidak muncul bisa ditambahkan di bagian bawah.

2. Facebook
Tidak ada fitur pembisuan yang nyata di Facebook. Media sosial ini punya opsi snooze (tunda) yang bisa dipakai untuk menyembunyikan kiriman dari orang atau laman tertentu, jadi ini bisa dipakai untuk menyembunyikan teman, anggota keluarga atau laman yang dikhawatirkan bakal memberikan spoiler.

Untuk menyembunyikan unggahan ini, klik tiga titik di kanan atas sebuah unggahan dan pilih opsi tunda (snooze) dari akun ini selama 30 hari. Begitu waktunya sudah berlalu dan Avengers: Endgame sudah keluar, akun itu akan kembali ke linimasa Anda.

3. Instagram
Sama seperti Facebook, Instagram tidak punya fungsi bisu untuk menyembunyikan pilihan kata tertentu dalam sebuah kiriman. Ada opsi bisu yang membuat penggunanya bisa menyembunyikan akun tertentu. Ini bisa dilakukan dengan mengklik tiga titik di atas sebuah unggahan dan memilih opsi bisu. Cara ini akan membisukan akun terpilih hingga Anda kembali dan membatalkan pembisuan itu. Ini bisa berguna jika Anda mengikuti akun yang mungkin berbagi gambar spoiler dari Avengers: Endgame

Baca Juga:  Film Horor "Us" Pecahkan Rekor Box Office

4. WhatsApp Group
Jika ada satu orang di WhatsApp Group Anda suka spoiler, Anda bisa melakukan langkah ekstrem di sini. Anda bisa memanfaatkan opsi bisukan di aplikasi WhatApp untuk grup dengan durasi 8 jam, 1 pekan dan 1 tahun. Setelah masa itu berlalu, fitur bisu pun sudah tidak berlaku lagi. Atau Anda bisa keluar saja dari grup itu.

Menghindari Spoiler Avengers: Endgame di Review dan Situs

Begitu orang mulai nonton Avengers: Endgame, mereka yang belum nonton dan tidak mau membaca unggahan yang mungkin mengandung spoiler harus menghindari membaca artikel di situs-situs berita atau film. Dalam arus media online yang luas dan beragam, ada baiknya berhati-hati dengan apa pun yang terkait denngan judul Avengers: Endgame. Yang dirasa satu orang spoiler, mungkin bukan spoiler bagi orang lain. Jadi, detil yang tidak diketahui bisa muncul cepat dan tanpa peringatan.

Selain itu, ada baiknya menghindari review film ini. Ada banyak contoh di mana review memberikan poin plot yang sebelumnya misteri.

Ada satu lagi yang harus Anda perhatikan, yaitu saat Anda ada di bioskop. Ada saja orang yang baru saja nonton dan iseng memberikan spoiler kepada mereka yang baru akan nonton. Tips terbaiknya, pakailah earphone hingga Anda masuk studio. Ini setidaknya akan mengurangi kegusaran Anda dari mendengarkan obrolan orang, yang baru saja nonton film itu berbicara di sekitar Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.(*/Dry)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of