Tips Olahan Daging Kurban

0
Ilustrasi daging kurban. Foto: carwad.net

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Perayaan Idul Adha atau biasa juga dikenal sebagai Lebaran Kurban, identik dengan berbagai hidangan serba daging. Umumnya, daging kurban yang dipotong adalah daging sapi ataupun daging kambing. Sebelum memasak daging Kurban, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui, supaya daging kambing atau sapi yang Anda punya tidak berbau dan tidak alot saat akan di makan. Berikut, tips-tips dalam mengolah daging Kurban.

1. Rebus Dengan Lobak

Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian, keluarkan lobaknya. Setelah itu, Anda bisa mengolah daging kambing untuk memasak sesuai dengan selera.

2. Rebus Dengan Kacang Hijau

Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. Kemudian, Anda bisa masak sesuai dengan kebutuhan.

3. Rebus Bersama Bumbu Kare

Rebus 1 kilogram daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare sekitar 10 gram. Sesuaikan takaran bumbu kare dengan jumlah kilogram daging yang akan dimasak. Masak daging hingga bumbu menyerap sempurna. Karena daging sudah berbumbu, Anda bisa mengolahnya dengan menambahkan bumbu lainnya.

Baca Juga:  Prabowo Sumbang 20 Sapi Kurban ke Masjid Hambalang

4. Lumuri Dengan Daun atau Air Jeruk Nipis

Selain direbus, Anda juga bisa menyiram daging kambing dengan tetesan air jeruk nipis. Selain air jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan daun jambu klutuk. Daun jambu itu dihaluskan bersama dengan daging kambing sebelum dimasak.

5. Baluri Parutan Nanas

Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot, juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Setelah itu baru olah seperti biasa.

6. Singkirkan Lemaknya

Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing, berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya. Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

Baca Juga:  Kocak... Hasto Kalahkan Semua Petinggi PDIP di Lomba Balap Sarung

7. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Salah satunya adalah dengan membungkus daging kurban dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging.

Umumnya, daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa. Itulah beberapa tips untuk mengolah daging kurban. Semoga artikel ini bermanfaat. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of