Tips Praktis Saat di Dapur

0
Kegiatan di dapur menjadi lebih mudah dengan tips berikut ini. Foto: Erabaru.net

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

‘Life hack’ berikut akan membantu mempermudah kegiatan anda saat di dapur

semaranginside.com, Jakarta — Pernahkah anda merasa kesulitan saat beraktifitas di dapur karena terbatasnya alat atau kondisi yang tidak mendukung? Tidak perlu risau, karena ada banyak cara praktis yang bisa anda lakukan agar kegiatan di dapur jadi lebih mudah! Simak tips dan trik berikut ini.

1. Memarut Keju Agar Tidak Berantakan
Keju memiliki tekstur yang lunak. Untuk mendapatkan parutan yang rapih, dinginkan terlebih dahulu keju ke dalam freezer selama satu jam sebelum diparut. Cara tersebut akan mengeraskan keju dan membuat keju tidak gampang lengket. Selain itu, parutan keju jadi lebih mudah ditaburkan di atas makanan.

2. Memotong Bawang Merah Tanpa Menangis
Sekali lagi, freezer sangat menolong dalam hal ini. Masukkan bawang merah ke dalam freezer selama 30 menit sebelum dipotong.
Tapi ingat, cara ini hanya cocok jika bawang merah tersebut memang akan dimasak. Cara ini kurang tepat jika bawang merah akan dikonsumsi mentah.

3. Keajaiban Spatula Kayu
Salah satu kebiasaan buruk di dapur adalah memasak air di panci, dan meninggalkannya hingga air meluap dan tumpah saat sudah mendidih. Untuk mencegah ini, taruh spatula kayu di atas panci untuk mencegah air meluap saat mendidih.

4. Rahasia Memanggang Ayam Secara Merata
Ketika memanggang ayam utuh, baringkan bagian dadanya. Hal ini karena bagian dada sebagian besar berisi daging. Semakin dekat bagian ini dengan sumber panas, semakin cepat ayam utuh matang secara merata.

5. Tips Membuat Telur Setengah Matang Sempurna
Pecahkan telur di pinggir penggorengan seperti biasa, seperti anda akan menggorengnya. Tapi, jangan menuangkan minyak, masukkan air dan panaskan penggorengan di atas kompor. Cara ini akan menciptakan telur setengah matang yang sempurna dengan kuning telur masih cair.

6. Mencegah Penggorengan Berkarat
Untuk mencegah penggorengan besi dari berkarat, hindari mencuci dengan menggunakan cairan pencuci piring biasa. Sebagai gantinya, anda bisa gunakan garam meja. Taburkan garam secukupnya ke atas penggorengan, dan bersihkan dengan serabut pembersih. Cara ini juga akan menghilangkan bau bumbu yang menempel kuat sesaat digunakan memasak.

7. Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Tangan
Setelah memotong bawang atau mencuci ikan, tangan kita pasti akan meninggalkan aroma bau tak sedap. Dan bau tersebut biasanya sangat kuat hingga sulit hilang meski tangan sudah dicuci menggunakan sabun. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada tangan, gunakan garam meja atau jeruk lemon. Cukup gosok-gosok tangan dengan garam meja atau jeruk lemon dan kemudian bilas dengan air.

Semoga tips ini bermanfaat! (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of