Tren Beli Properti, Millenial Lebih Tertarik Cicilan Syariah

0
Ilustrasi proyek properti. Foto: Istimewa

Oleh: Andryanto S

Semaranginside.com, Jakarta – Sebanyak 48% konsumen properti mengaku lebih tertarik menggunakan cicilan Syariah daripada cicilan konvensional. Cicilan syariah sangat populer di kalangan responden usia millenial (56%) dan kalangan penghasilan rendah (59%).

Hal itu terungkap dalam Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2019. Sebanyak 62% konsumen properti mencari hunian di bawah Rp 500 juta. Sementara 17% konsumen mencari hunian pada kisaran di atas Rp 500 juta hingga Rp 750 juta.

Baca Juga:  Bisnis Properti Tinggi, Investasi Semester I Capai Rp 15,94 Triliun

“Rumah.com menyajikan lebih dari 400.000 data properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia yang diakses lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulan. Kami memiliki akurasi data yang cukup tinggi,” ujar Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (12/11).

Menurut dia, berdasarkan Rumah.com Property Market Outlook 2020, harga properti tetap mengalami kenaikan secara kuartalan maupun tahunan. Namun, optimisme penjual tidak sebesar tahun lalu jika dilihat dari suplainya.

Baca Juga:  Bisnis Properti Lesu, REI Jateng Harap Dampak Positif Pelantikan Presiden

Permintaan pasar masih akan tetap didominasi dari kalangan menengah dan menengah bawah. Namun, pelonggaran LTV dan PPnBM diharapkan dapat mendorong optimisme pasar properti kelas atas.

“Minat terhadap properti residensial second hampir sama besar dengan properti residensial baru. Pencari hunian lebih mengutamakan lokasi dan sarana transportasi umum yang terdapat di sekitar hunian,” ujarnya. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of