Tri Tunggal Juara SBL 2019

0
Tim putra dan putri SMA Tri Tunggal Rayakan kemenangan. Foto : unika.ac.id

Tim basket putra dan putri SMA Kristen Tri Tunggal berhasil menjuarai Soegijapranata Basketball League (SBL) 2019. Kegiatan itu digelar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Basket Unika Soegijapranata tanggal 7 Februari hingga 25 Februari di gedung Sporthall Unika.

semaranginside.com, Semarang – SBL yang menjadi kegiatan rutin UKM Basket Unika Soegijapranata digelar kembali. Tahun ini, panitia mengusung tema Rivalry for Solidarity. Penanggung Jawab acara Bayu Arvian Syaach mengungkapkan, lewat tema itu pihaknya berharap para peserta tak hanya sekadar berkompetisi dan mementingkan kemenangan saja.

”Kami mengangkat tema Rivalry for Solidarity karena yang kami harapkan adalah para peserta tidak hanya bertanding dan menunjukan rivalitas antarsekolah, namun mereka juga bisa menjadi solid, mengenal satu sama lain dan bisa bersatu untuk memajukan basket di Semarang dan Jawa Tengah,” ucapnya dikutip dari situs resmi Unika Soegijapranata.

Baca Juga:  Bayu Nugroho Menuju Puncak

Bayu juga menjelaskan, SBL 2019 sistem pertandingannya menggunakan metode setengah liga. Hal ini berbeda dengan sistem pertandingan di event SBL sebelumnya yang menggunakan metode liga. Dia memahami, perubahan sistem pertandingan itu melahirkan pro dan kontra. Namun metode tersebut dinilai terbaik karena sangat membantu tim basket dari sekolah luar kota Semarang. Para peserta tersebut tidak harus sering bolak balik ke Semarang yang berarti penyelenggaraannya lebih efektif.

Selain itu, dia juga mengungkapkan, pihaknya menyediakan statistik dalam setiap pertandingan. Sehingga dengan fasilitas data statistik yang disediakan oleh panitia, para pelatih terbantu dalam mengevaluasi timnya saat pertandingan berjalan.

Koordinator Perlengkapan oleh Tavio Fortino Tirtosugondo mengatakan, layanan itu mendapat apresiasi dari para peserta. “Dalam sejarah penyelenggaraan kompetisi basket di Semarang, baru di SBL 2019 ini panitia menyediakan data statistik. Oleh karena itu para pelatih tampak sangat mengapresiasi ide panitia untuk memfasilitasi data statistik bagi keperluan para pelatih,” ungkapnya.

Baca Juga:  Seleksi Pemain PSIS U-16 Dimulai

SBL 2019 diikuti beberapa SMA se-Jawa Tengah. Untuk putra, Juara I diraih oleh SMA Kristen Tri Tunggal dan Juara II SMA N 14 Semarang. Sementara Juara I Basket Putri berhasil dimenangkan oleh SMA Kristen Tri Tunggal juga dengan Juara II diraih SMA Kristen Terang Bangsa.

Seperti kompetisi basket pada umumnya, dalam SBL 2019 juga digelar kompetisi dance yang diikuti pula oleh tim dance sekolah SMA dan umum. Pemenang kompetisi dance adalah SMA Sedes Sapientiae. Penghargaan Best Supporter berhasil diraih oleh SMA Kolese Loyola Semarang. Adapun MVP (Most Valuable Player) dari SBL 2019 untuk putra adalah Rexy Fernando dan putri diraih oleh Nur Norma.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of