Turki Kecam Aksi Pembakaran Masjid New Haven Saat Ramadhan

0
NY

Oleh: Nurcholis |

Semaranginside.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri Turki menyerukan sikap bersatu melawan Islamophobia pada Senin malam setelah sebuah masjid di negara bagian Connecticut AS diserang orang tak dikenal.

Masjid Diyanet, yang menjadi korban pembakaran orang tak bertanggungjawab di Kota New Haven, Connecticut, AS itu kini mengalami kerusakan parah.

“Pembakaran di Masjid Diyanet di #NewHaven selama bulan Ramadhan adalah contoh lain dari meningkatnya #Islamophobia di dunia,” tulis Mevlut Cavusoglu melalui akun Twitter.

“Pelaku serangan keji ini harus diidentifikasi & dihukum dengan cepat. Harus berjuang bersama melawan Islamofobia & rasisme, ”katanya, seraya menambahkan satu-satunya konsolidasi adalah tidak ada korban jiwa.

Baca Juga:  Jilbab Perempuan Selandia Baru, Solidaritas Pasca Teror

Menurut Anadolu, kebakaran terjadi di lantai pertama masjid pada hari Ahad sore dan menyebar ke tingkat kedua dan lantai tiga.

Seorang jamaah yang berada di dalam gedung itu dapat dievakuasi.

Masjid, yang masih dalam pembangunan itu kini dalam kondisi rusak parah.

Dalam pernyataan yang dibuat oleh Konsulat Jenderal Turki untuk Layanan Umum Turki di New York, menyatakan bahwa kebakaran di Masjid Diyanet kemarin merupakan sebuah serangan yang disengaja, pihak berwenang terus berusaha menangkap para pelaku.

Baca Juga:  Soal Bully Masyarakat ke AHY, Fadli Zon Mengharap Disikapi Bijaksana

”Tidak ada kematian dan cedera dalam kebakaran itu. Namun, telah terdeteksi bahwa kerusakan material besar telah terjadi. Terutama selama pemadam api, tangki air yang digunakan untuk memadamkan api telah menghancurkan bagian-bagian bangunan yang tidak mudah terbakar, ” ujar pernyataan itu dikutip TRTWorld.

Investigasi kriminal sedang berlangsung, dan para pejabat percaya bahwa kebakaran itu sengaja dibuat. Selain polisi setempat, Biro Investigasi Federal (FBI) dan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak, juga terlibat. (cak/Ags/INI-network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of