Undip Diminati Mahasiswa Asing

0
Rektor Undip bersama mahasiswa program SHARE Batch 5. Foto : undip.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Universitas Diponegoro untuk kali keempat menerima mahasiswa asing melalui program SHARE yang dibiayai oleh Uni Eropa (EU).  Pada SHARE Batch 5 ini, Undip menerima 6 (enam ) mahasiswa yang berasal dari Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam. Mahasiswa program S1 tersebut belajar selama satu semester di Undip pada program studi Biologi, Bioteknologi, Antropologi, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Industri.

Pada pelepasan mahasiswa SHARE Batch 5, Rektor Universitas Diponegoro Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum menyerahkan sertifikat kelulusan dan menyampaikan selamat  kepada mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi. Selain itu, dikutip dari situs resmi Undip, disampaikan informasi bahwa Undip memberikan beasiswa master kepada mahasiswa asing termasuk dari negara-negara ASEAN. Selanjutnya Rektor mengundang para alumni SHARE tersebut untuk bergabung dan melanjutkan studi master melalui beasiswa Undip.

Pada pertemuan tersebut hadir pula Kepala Kantor Urusan Internasional Undip Ita Widowati dan para pengelola program studi terkait.

Baca Juga:  Mahasiswa Undip Raih Penghargaan Pemuda Hebat

Selain mahasiswa inbound tersebut, pada program SHARE Batch 5 ini Undip juga mendapat kesempatan untuk mengirimkan mahasiswa outbound sebanyak 10 (sepuluh) orang ke negara-negara Vietnam, Kamboja, dan Malaysia.  Para mahasiswa menimba ilmu selama satu semester di bidang oseanografi , biologi, teknik industri, arsitektur, administrasi bisnis, akuntansi, dan hubungan internasional.

Program SHARE ini merupakan kepercayaan Uni Eropa kepada Undip sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara beasiswa tersebut di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan yang sangat luas kepada para mahasiswa asing di tingkat Sarjana (S1) yang berasal dari negara-negara ASEAN untuk melanjutkan studi di Undip dan juga bagi mahasiswa Undip untuk melanjutkan studi di negara-negara ASEAN tersebut.

Sementara itu, sebagai salah satu anggota Joint Working Group (JWG) Franco -Indonesia, Undip juga telah banyak melakukan kerja sama di beberapa bidang dengan beberapa universitas di Perancis. Fakultas Kedokteran Undip telah lebih dari 10 tahun bekerja sama dengan Universitas Poitiers diawali dengan Program Double Degree S2 Biomedik. Beberapa mahasiswa S2 Biomedik telah berhasil mengikuti program 1 tahun (2semester) MSc di Universitas Poitiers dengan beasiswa Biro PKLN Kemendikbud.

Baca Juga:  Gus Mus : Indonesia adalah Rumah Bersama

Kerja sama tersebut berlanjut dengan exchange lecturer dan students. Beberapa dosen dari Perancis dengan beasiswa Erasmus Plus memberikan kuliah di Fakultas Kedokteran Undip. Beasiswa Erasmus Plus telah juga dimanfaatkan oleh staf Fakultas Kedokteran Undip untuk memberikan kuliah dan menguji S3 di Universitas Poitiers.

Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran universitas tersebut juga secara regular setiap tahun melengkapi studi double degree MSc dengan mengikuti internship laboratorium di Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran Undip. Sementara mahasiswa dari Fakultas Farmasi mempelajari herbal di PT Sido Muncul atas kerja sama Undip.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of