Undip-Pattiro Anggap Firli Tak Layak Jadi Pimpinan KPK

0
Aksi penolakan revisi UU KPK dan Pimpinan bermasalah di Kampus Magister Ilmu Politik Undip, Jumat (13/9). Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Aliansi Undip – Pattiro Semarang sebelumnya pernah menggelar aksi menolak pemimpin KPK bermasalah di kampus pada 21 Agustus 2019 lalu. Aksi juga kembali dilakukan pada Senin (10/9) lalu dengan tuntutan menolak revisi UU KPK.

Namun seiring berjalannya waktu, calon pemimpin KPK bermasalah tetap terpilih dan revisi UU KPK tetap dilangsungkan. Akhirnya aliansi Undip-Pattiro lagi-lagi menggelar aksi di kampus Magister Ilmu Politik Undip pada Jumat (13/9) sebagai bentuk kekecewaan terjadinya dua hal yang disayangkan tersebut.

Baca Juga:  OJK Tantang Fintech Buktikan Kontribusi terhadap Perekonomian

Perwakilan Pattiro, Amrinalfi Khair Wijayanto, pimpinan KPK terpilih dinilai memiliki rekam jejak buruk dan sejak awal proses seleksi calon pimpinan KPK memiliki banyak kejanggalan, mulai dari LHKPN yang tidak dikumpulkan dan banyak kasus yang menjerat kandidat.

Menurutnya, Firli Bahuri tidak layak menjadi pimpinan KPK karena ketika menjabat Deputi Penindakan KPK, Firli pernah diperiksa Pengawas KPK atas dugaan pelanggaran kode etik karena bertemu dengan M Zainul Majdi (TGB).

Saat itu KPK tengah menelusuri kasus suap PT Newmont Nusa Tenggara yang menyeret nama TGB. Pemeriksaan itu akhirnya menguap karena Firli dipulangkan instiusinya, yaitu Polri.

Baca Juga:  FIB Undip Miliki Korean Center

“Selain itu, pegawai KPK akan berubah status menjadi ASN maka dia akan berada di bawah eksekutif. Dengan begitu KPK tidak lagi menjadi lembaga independen,” kata koordinator aksi, Wijayanto.

Para demonstran menyesalkan dikeluarkannya Supres Jokowi yang justru melemahkan KPK, menyesalkan terpilihnya Ketua KPK bermasalah yang diduga kuat melakukan pelanggaran kode etik. Mereka juga bersimpati pada pengunduran diri Komisioner KPK Saut Situmorang dan Penasihat KPK 2017—2020 Mohammad Tsani Annafari. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of