Undip Terima Hibah dari Pemkab Rembang

0
Rektor Undip dan Bupati Rembang meninjau pembangunan kampus. Foto : undip.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Universitas Diponegoro (Undip) menerima hibah dari Pemkab Rembang. Hibah tersebut berupa lahan seluas 15 hektare dan dana Rp 10 miliar. Bantuan itu digunakan untuk membangun kampus Undip di Rembang.

”Sangat membanggakan dengan dibukanya kampus Undip di Rembang, mengingat Undip adalah universitas berkualitas dan berkelas internasional. Diharapkan hibah Pemkab Rembang berupa lahan seluas 15 ha dan dana 10 M untuk pembangunan kampus Undip di Rembang yang rencananya awal tahun depan segera rampung dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Rembang dan sekitarnya,” ujar Bupati Rembang Abdul Hafidz dikutip dari situs resmi Undip.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

Baca Juga:  Undip Bersholawat agar Indonesia Adem

“Undip sangat berterima kasih atas hibah yang diberikan Pemkab Rembang untuk dibangun kampus PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama) di Rembang. Tujuan utama pembangunan kampus Undip di Rembang adalah untuk semakin meningkatan potensi daerah, sumber daya manusia, kesejahteraan, dan perekonomian masyarakat Rembang,” katanya saat meninjau proses pembangunan kampus tersebut, kemarin (7/11).

Lebih lanjut dia menyampaikan, konsep gedung yang saat ini dibangun adalah milenial dan ramah difabel.

Sementara ini PSDKU di Rembang masih menempati eks gedung Inspektorat di Jalan Kartini. Menurut rencana, seiring dengan dibangunnya gedung baru, Undip akan menambah program studi yakni jurusan Ilmu Hukum, Administrasi Publik, Informatika, dan Kesehatan Masyarakat. Ada pun program studi yang ada saat ini adalah jurusan Manajemen Perusahaan.

Baca Juga:  Undip Tambah Tiga Guru Besar

Untuk diketahui, Kabupaten Rembang terdiri atas 14 kecamatan, yang terbagi atas 287 desa dan 7 kelurahan serta memiliki luas wilayah meliputi 101.408 ha. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani garam yang membuat Rembang dijuluki sebagai Kota Garam. Selain kerajinan batik, Rembang juga merupakan sentra buah dan memiliki sumber daya perikanan laut, hasil tambang, dan juga garam utamanya.

Undip saat ini tercatat sebagai universitas kelas dunia yang masuk rangking 3 untuk kategori lulusan yang banyak diserap karena memiliki kompentensi versi QS World University Rangkings.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of