Unnes Dorong Penambahan Guru Besar

0
Pengukuhan guru besar Unnes, Kamis (14/11). Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menargetkan 20 profesor baru hingga 2020 mendatang. Saat ini jumlah profesor aktif di Unnes adalah 62 orang. Sedangkan total jumlah profesor yang telah dikukuhkan tercatat sebanyak 112 profesor.

Rektor Unnes, Fathur Rokhaman mengatakan jumlah profesor aktif saat ini masih sedikit, ada pensiun, ada pula yang meninggal. Oleh karena itu, pihaknya mendorong tenaga pendidik yang di sana untuk melanjutkan studi dan membuat jurnal ilmiah.

“Untuk jumlah dosen, Unnes memiliki 1.200 dosen. Idealnya perguruan tinggi minimal memiliki 10 persen profesor. Yang sudah doktor kami motivasi untuk buat jurnal ilmiah,” katanya, Kamis (14/11).

Baca Juga:  20 Guru Besar Surati Jokowi Soal Seleksi Capim KPK

Dia menyebut, penambahan profesor tersebut diharapkan akan membuat atmosfir akademik menjadi semakin baik. Unnes berjanji akan mengawal, memfasilitasi dan melakukan pendampingan, agar jumlah profesor di kampus ini bisa terus bertambah.

Sementara untuk dosen yang bergelar doktor, jumlahnya saat ini sudah di angka 360 atau sekitar 30 persen dari jumlah dosen yang ada. Pihak kampus akan membatu memfasilitasi serta memberi pendampingan, karena proses pengajuannya cukup panjang dari fakultas ke universitas, dan ke pusat.

Baca Juga:  Pendaftar Undip dan Unnes Capai 50 Ribu

Pada hari ini, Kamis (14/11) terdapat tiga profesor atau guru besar yang baru saja dikukuhkan, yaitu Prof Murbangun Nuswowati dari Fmipa Unnes, Prof Eva Banowati dari Fakultas Ilmu Sosial Unnes, dan Prof Dyah Rini Indriyanti dari Fmipa Unnes.

Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhanuddin menambahkan, Unnes saat ini sedang melakukan akselerasi penambahna guru besar demi meningkatkan reputasi akademik sebuah perguruan tinggi.

“Saat ini pemerintah sedang menggenjot peningkatan SDM, salah satunya adalah dengan mencetak profesor untuk mendidik mahasiswa sehingga lulusan universitas bisa memiliki kemampuan yang unggul,” katanya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of