Unnes Raih Penghargaan Leprid

0
Paulus Pangka (kiri) dari Leprid memberi penghargaan kepada Rektor Unnes. Foto : unnes.ac.id

Rangkaian acara Dies Natalis Universitas Negeri Semarang (Unnes) ke 54 dimulai. Pada pembukaan acara tersebut, kampus yang berada di Gunungpati itu meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

semaranginside.com, Semarang – Serangkaian kegiatan pembukaan Dies Natalis Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang ke 54 berhasil memboyong penghargaan Leprid atas pemrakarsa penyelenggara dies natalis berbasis konservasi secara rutin dan konsistensi melakukan kegiatan penanaman pohon, unfest, pagelaran wayang, dan kompetisi peradilan semu piala konservasi. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum dan Pendiri Leprid Paulus Pangka SH kepada Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Rabu (6/3).

Bertempat di Lapangan Prof Dirham Fakultas Ilmu Keolahragaan, acara pembukaan dan penyerahan penghargaan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah Ir Sri Puryono, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjend TNI Mohammad Effendi, dan Gubernur Akademi Kepolisian Semarang Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi.

Baca Juga:  Seniman Peringati Hari Teater Sedunia

Leprid merupakan lembaga independen yang mencatat prestasi insan Indonesia secara akuntable, transparan, profesional serta bermartabat. Lembaga ini didirikan oleh Paulus Pangka SH dan disahkan pada 27 Maret 2013.

Pembukaan diramaikan berbagai sajian, antara lain pencak silat, marching band Akademi Kepolisian, dan senam konservasi. Selain Rektor, segenap unsur pimpinan rektorat dan fakultas, dosen, mahasiswa, dan mitra Unnes turut hadir.

Dalam sambutannya, Pangdam mengajak civitas akademika untuk meningkatkan wawasan jati diri keindonesiaan. Ia menggarisbawahi bangsa ini dibangun oleh para pendiri dengan komitmen yang kuat untuk bersatu di tengah keberagaman. “Wawasan boleh seluas-luasnya, tapi jangan pernah lupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya dikutip dari situs resmi Unnes.

Sementara Gubernur Akpol mengapresiasi Unnes yang berkontribusi dalam menjaga keutuhan bangsa dengan mendidik generasi penerus agar berkarakter. Selain itu, ia mendorong kampus tersebut untuk memberi kontribusi lebih bagi masyarakat karena di sana ilmu terus dikembangkan. Menurutnya, berbagai masalah di tengah masyarakat menanti solusi civitas akademika.

Baca Juga:  Kota Semarang Jadi Percontohan Pengembangan Bus Rapid Transit

Sekda Jateng juga mendorong civitas akademika untuk tidak berhenti berkarya. Sebab, hanya dengan prestasi dan inovasi sebuah kampus akan mendunia. Sekda juga meminta agar Unnes terus mengembangkan wawasan konservasi. Satu hal yang perlu mendapat perhatian, menurutnya, ialah konservasi kepribadian bangsa yang belakangan ini tergerus.

Karakter itu juga yang akan membedakan kampus yang berdiri sejak 1965 ini dengan yang lain. “Kerja keras, disiplin, dan integritas adalah kunci keberhasilan meraih hal itu,” kata Sekda.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-54 yang juga Dekan Fakultas Hukum, Dr Rodiyah, mengatakan tema perayaan tahun ini ialah “Mendunia untuk Indonesia”. Seusai pembukaan di FIK, kegiatan dilanjutkan jalan sehat menuju auditorium. Di tempat tersebut terdapat pameran unggulan dan bazar, festival tumpeng, peluncuran unit layanan terpadu (ULT), panggung hiburan, dan pembagian hadiah lawang (doorprize).(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of