Utusan Malaysia, Koran Terkemuka Negeri Jiran Tutup

0

Oleh: Nurcholis

Semaranginside.com, Kuala Lumpur—Koran terkemuka Malaysia Utusan Melayu akan berhenti mencetak dua surat kabarnya — Utusan Malaysia dan Kosmo!– mulai Rabu ini hingga tanggal yang tidak ditentukan, kata beberapa pekerja mengatakan.

Ketua Persatuan Wartawan Nasional (NUJ) Cabang Utusan Mohd Taufek Abdul Razak mengatakan kepada Malaysia kini keputusan itu dibuat secara lisan kepada beberapa karyawannya hari ini.

“Kami akan bekerja pada hari Rabu terakhir ini.

“Setelah itu kita tutup, tidak ada lagi operasi,” kata  Mohd Taufek Abdul Razak dalam sebuah diskusi dengan Ketua Eksekutif Utusan Abd Aziz Sheikh Fadzir.

Menurut Taudek, pekerja hanya diberitahu bahwa Utusan akan ditutup jika tidak ada pembayaran perbaikan untuk gaji pekerja.

“Kami telah diberitahu bahwa jika tidak ada solusi, Utusan akan ditutup tetapi Abd Aziz tidak menentukan tanggal pastinya.

Baca Juga:  Indonesia Hapus Bea Masuk Kurma dan Zaitun dari Palestina

“Saya tidak diberitahu tentang rapat Dewan Utusan sore ini, tetapi kami diberitahu bahwa pengarahan dengan Ketua Eksekutif (Abd Aziz) akan diadakan pukul 4 sore besok,” katanya ketika dihubungi oleh Bernama.

Dia mengatakan lebih dari 100 karyawan Utusan Melayu (M) Berhad mengadakan demonstrasi di luar kantor pusat perusahaan itu untuk menuntut pembayaran tunggakan dua hingga tiga bulan.

“Abd Aziz mengatakan, Utusan tidak punya gaji untuk menunggak dan di masa depan, perusahaan juga gagal untuk membuang aset,” katanya.

Sementara itu, di Seremban, anggota dewan tertinggi UMNO Jalaluddin Alias ​​mengusulkan agar dana khusus dibentuk di partai itu untuk mempertahankan nasib pekerja Utusan.

“Berita tentang krisis keuangan yang melanda Utusan Malaysia adalah berita sedih tidak hanya bagi para praktisi media tetapi juga masyarakat.

Baca Juga:  NU dan FPI Kompak Soal Penguatan Ekonomi Warga

“Saya juga ingin mengundang orang-orang untuk membantu menyumbang untuk meringankan beban yang mereka tanggung, meskipun setidaknya sumbangan kecil kami dapat membantu mereka,” kata anggota parlemen Jelebu dalam sebuah pernyataan malam ini (Senin, 19/8).

Dia menuntut jawaban dari manajemen puncak Utusan tentang masalah yang menghantam pers.

Utusan Malaysia (juga dikenal sebagai Utusan Melayu) adalah surat kabar berbahasa Melayu terkemuka di Malaysia. Surat kabar ini merupakan surat kabar harian berbahasa Melayu dengan penjualan nomor satu di Malaysia.

Utusan Malaysia mulai diterbitkan pada tahun 1967, menjadi versi Latin untuk Utusan Melayu dan edisi harian dari Mingguan MalaysiaMingguan Malaysia diterbitkan 2 tahun sebelumnya pada tahun 1965.

Nasib Utusan berubah setelah Umno dan BN kalah dalam pemilihan umum terakhir di tangan Pakatan Harapan. (ck/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of