Wakil Ketua DPR Jadi Guru Besar Kehormatan Unnes

0
Rektor Unnes dan Gur Besar Kehormatan Agus Hermanto yang baru dikukuhkan pagi tadi. Foto : unnes.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan (tidak tetap) dalam Bidang Ilmu Administrasi Publik pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (24/7). Dia dikukuhkan sebagai profesor oleh Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum di Auditorium Kampus Sekaran, Gunungpati. Agus pada kesempatan itu menyampaikan pidato ilmiah pengukuhan berjudul “Manajemen Kebijakan Energi Panas Bumi di Indonesia”.

Pada makalahnya, dia menyampaikan permasalahan persoalan krisis energi yang bisa melanda Indonesia serta solusinya ke depan. Agus mendorong pemangku kebijakan untuk mewujudkan kedaulatan energi di masa depan yakni Indonesia harus lebih banyak beralih dari energi fosil menuju energi terbarukan yang berkelanjutan di antaranya energi dari panas bumi yang banyak terdapat di Indonesia.

Baca Juga:  Raih 76.651 Suara, PKS Kota Semarang Masuk Tiga Besar Pileg 2019

Menristekdikti Mohamad Nasir saat memberi sambutan menyampaikan, Indonesia memiliki potensi sumber daya geotermal sebesar 11.073 Megawatt listrik (MWe) dan cadangannya sekitar 17.506 MWe.

“Untuk itu kita memerlukan inovasi-inovasi cemerlang dalan memenfaatkan potensi panas bumi ini. Manajemen yang akuntabel, transparan, dan terencana dengan matang akan menjadikan potensi panas bumi kita menjadi sumber kemajuan bangsa dan kesejahteraan,” terangnya dikutip dari situs resmi Unnes.

Sementara itu Rektor Unnes menyampaikan, Agus Hermanto merupakan profesor ke-109 Unnes.

Baca Juga:  Lantunan Puisi Menteri Susi di Ultah Gus Mus

“Semoga dengan capaian jabatan akademik tertinggi ini semakin memantapkan tekad beliau yang akan mewakafkan waktu, pikiran, dan tenaganya, untuk memajukan Unnes, bangsa, dan negara tercinta ini. Penambahan profesor ini juga merupakan salah satu komitmen Unnes untuk menggeser kultur perguruan tinggi dari teaching university menjadi riset university,” terangnya.

Tampak hadir pada pengukuhan tadi, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Gubernur Akademi Kepolisian Semarang, Gubernur Akademi Militer Magelang,Indra Iskandar (Sekretaris Jenderal DPR), serta kolega Agus di Fraksi Partai Demokrat DPR RI.(nug)

 

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of