Wali Kota Beri Hadiah Penyapu Masjid

0
Wali Kota Semarang memberikan penghargaan pada Agus Setyawan (kanan) yang membersihkan kampungnya tanpa pamrih. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Dua tahun sudah Agus Setyawan (34) menjalani profesi sukarela menjadi penyapu jalanan dan masjid sekitar tempat tinggalnya. Agus yang merupakan yatim piatu yang tinggal di Jalan Pancakarya Kelurahan Rejosari RT 8 RW 6, Semarang Timur, selepas subuh aktifitas rutin dia lakukan dengan menyapu komplek tempat tinggalnya, mulai jalan, selokan, tempat ibadah, tempat parkir, dan sekolah TK di daerah tersebut.

“Dari subuh sampai 07.00 menyapu jalan, halaman masjid dan sekolah lalu berangkat kerja,” kata Agus, di Balai kota Semarang, Kamis (29/8).

Agus yang setiap harinya bekerja di Kawasan Industri Kaligawe itu mengaku kegiatan bersih-bersih lingkungan dia lakukan tanpa pamrih. Dia merasa prihatin melihat kondisi lingkungan kampungnya terlihat kotor dan kumuh.

Baca Juga:  Hasil Undian Perempat Final Champions, Barcelona Ketemu MU

Aksi bersih-bersih Agus juga tak berhenti pada jam pagi. Selepas pulang kerja dia kembali melakukan aktifitas yang sama sampai mendekati waktu magrib. Selepas isya dia biasanya juga menyapu halaman masjid.

Dia tidak pernah mendapat bayaran atau meminta upah kepada warga yang kebetulan halamannya turut dia bersihkan. Atas dasar kesadaran, beberapa warga tergerak memberi makanan dan minuman setelah Agus bersih-bersih.

Kabar Agus yang kerja tanpa pamrihnya didengar oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Secara pribadi Agus dipanggil langsung di ruang kerja wali kota.

“Saya trenyuh mendengar ada warga saya yang secara ikhlas dan sukarela mau bersih-bersih lingkungan selama dua tahun,” katanya.

Baca Juga:  Gus Yasin: Saya Lebih Nyaman Dipanggil Kader PPP

Menurut Hendrar, yang di lakukan oleh Agus tergolong sebagai pahlawan lingkungan Kota Semarang karena membantu program pemerintah menjaga kebersihan lingkungan.

“Dia contoh pahlawan Kota Semarang, dalam lingkup kecil. Dia rela menyapu jalan sampai parkiran kendaraan hanya untuk bisa melihat kampungnya bersih,” kata Hendi.

Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang mengaku sempat memberi perintah kepada jajarannya untuk menelisik kabar mengenai Agus. Hendi ingin memastikan bahwa yang dilakukan Agus adalah berdasarkan konsistensi.

Dalam kesempatan itu, Hendi memberikan sebuah piagam penghargaan serta sejumlah uang tali asih atas dedikasi yang dilakukan Agus. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of