Wali Kota Turun Tangan Bersihkan Sampah di Gerbang Kota Semarang

0
Kerja bakti di Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jumat (30/8). Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi ikut turun tangan membantu warga melakukan kerja bakti di Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur. Wilayah ini dianggap sebagai gerbang Kota Semarang di mana setiap harinya kawasan tersebut dilintasi kereta api.

Hendrar ingin membangun citra bahwa Kota Semarang adalah kota yang bersih, rapi dan enak dipandang oleh masyarakat luas, terutama para penumpang kereta yang melintas. Dia mengatakan, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya harus ditingkatkan.

Baca Juga:  Melihat Budaya Kebersihan di Desa Lokasi Kongres Sampah

“Masalahnya ada pada kesadaran masyarakat. Di sini juga perlu adanya pembuangan sementara berupa kontainer. Setelah itu akses untuk mobilisasi truk yang akan membawa kontainer tersebut juga harus diperhatikan,” kata dia, Jumat (30/8).

Hendi, sapaan akrabnya mengimbau masyarakat untuk membersihkan lingkungan, karena hal tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Dengan demikian, lingkungan yang sehat akan dirasakan warga setempat.

Warga setempat, Supriyatun mengeluhkan sampah di daerahnya yang tidak terkelola secara baik. Kesadaran masyarakat, terutama industri rumahan masih kurang di daerah tersebut. Banyak yang membuang limbah di saluran sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Baca Juga:  Tinggal Separuh karena Terdampak Tol, SMPN 16 Semarang Belum Direlokasi

“Karena banyaknya sampah, air di selokan tidak bisa mengalir dan mampet. Jika ada angin, sampah dan bau tidak sedap sampai masuk rumah,” keluh Supriyatun. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of