Wangi ”Kampung Parfum” di Kawasan Masjid Kauman Semarang

0
Kawasan Masjid Kauman Semarang dikelilingi penjual minyak wangi sehingga dijuluki Kampung Parfum. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Ketika melintasi Masjid Agung Semarang atau yang biasa disebut Masjid Kauman Semarang, tidak perlu heran jika sepanjang jalan akan tercium aroma semerbak wangi. Benar saja, di kawasan tersebut kini banyak berjamuran para penjual bibit parfum.

Karena banyaknya penjual parfum, daerah tersebut sering disebut sebagai Kampung Parfum Semarang. Beberapa di antara mereka sudah memulai usahanya sejak 1980an. Karena dinilai sukses, langkah tersebut diikuti warga lainnya.

Warga asli Kauman, sekaligus penjual parfum di kawasan tersebut, Bustomi mengatakan, banyak orang-orang yang mengenal daerah tersebut sebagai sentral parfum. Tidak hanya digunakan pribadi, beberapa orang membeli bibit parfum untuk dijual kembali.

Baca Juga:  Polemik Beasiswa PB Djarum, Petani Tembakau Sebut Adanya Campur Tangan Asing

Dia menerangkan, di kawasan ink tersedia berbagai macam aroma parfum, mulai buah-buahan, bunga, kopi, bahkan kue-kuean. Tidak ada aroma favorit karena bisa dipilih berdasarkan selera masing-masing.

Namun dia menjelaskan, kegemaran akan aroma biasanya dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Wanita lebih banyak yang menyukai aroma segar, sedangkan pria menyukai aroma yang menambah kesan maskulin.

“Biasanya wanita menyukai wangi segar seperti Avril. Sedangkan pria banyak yang memilih Bulgari Outdor. Pembeli juga banyak dari luar kota,” imbuh pegawai Yasmin Parfum ini.

Untuk harga, Bustomi menyebutkan setiap jenis bibit parfum memiliki harga beragam yang dihitung per mililiter, mulai Rp 1.400, ada juga Rp 1.700, hingga Rp 4.000. Dia menambahkan, perbandingan bibit parfum dan alkohol juga bisa divariasi, tergantung keinginan pelanggan.

Baca Juga:  Nyanyi Bareng Nisa Sabyan, Dzuhur Berjamaah Kemudian Simak Orasi Prabowo

Dia mengatakan, parfum yang dijual di kawasan ini aman digunakan untuk umat muslim. Kandungannya dijamin halal untuk digunakan beribadah.

Kampung parfum ini terletak di eks pusat Kota Semarang, yaitu di Kawasan Pasar Johar yang dulunya terdapat alun-alun kota dan tidak jauh dari Kota Lama Semarang. Keberadaan Masjid Kauman dan tempat sekitarnya menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Semarang.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of