WhatsApp Blokir Grup Berkonten Negatif

0
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Antara

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Sebuah situs web berita sosial Reddit menyatakan jika saat ini WhatsApp memantau frasa yang digunakan dalam percakapan kelompok. Dalam situs itu disebutkan, pendeteksian tersebut untuk melindungi orang-orang yang memanfaatkan aplikasi untuk tujuan jahat, seperti penyelundupan narkoba, spam, dan kriminalisasi pada anak.

Seorang pengguna mengklaim telah mengubah nama obrolan grup dengan menjadi sesuatu yang mengindikasikan pelecehan anak. Setelah perubahan tersebut, obrolan grup seketika dihapus dari aplikasi. Menurut pengguna Reddit , anggota grup itu dilarang menggunakan WhatsApp untuk sementara waktu setelah namanya diubah.

“Seluruh kelompok dilarang. Ini ketiga kalinya WhatsApp melakukan ini. 2 grup lagi dicekal karena perubahan nama,” ungkap pengguna Reddit.

Menurut buku putih yang diterbitkan oleh WhatsApp, aplikasi milik Facebook ini berupaya menghentikan layanannya yang digunakan dalam kegiatan ilegal dengan memantau bagian-bagian dari aplikasi obrolan yang tidak dienkripsi.

Baca Juga:  Konten Negatif di Medsos Terancam Denda Hingga Rp500 Juta

WhatsApp adalah salah satu yang pertama kali mengenalkan enkripsi yang memungkinkan untuk mengunci konten pesan teks, foto, video, dan lainnya sehingga hanya Anda dan penerima yang dapat melihat konten tersebut. Apa pun yang disadap di antara kedua perangkat tidak dapat dibaca oleh aktor jahat.

Namun, buku putih, yang diterbitkan kembali pada bulan Februari, mengungkapkan bahwa salah satu metode yang digunakan oleh WhatsApp untuk memerangi konten anak yang eksploitatif adalah dengan memindai foto yang tidak terenkripsi, seperti yang digunakan untuk menggambarkan obrolan grup, serta informasi grup.

“Kami mengandalkan teknologi pembelajaran mesin canggih untuk mengevaluasi informasi grup untuk mengidentifikasi dan melarang anggota kelompok yang diduga berbagi Child Exploitative Imagery (CEI),” WhatsApp mengonfirmasi di blog-nya, seperti dilansir Express.co, Kamis (14/11).

Baca Juga:  WhatsApp Resmi Kenalkan Fitur Fingerprint

Jika Anda tidak mengetahui langkah ini, mungkin perlu memikirkan kembali siapa yang dalam obrolan grup Anda dapat memodifikasi deskripsi grup, foto grup dan yang paling penting, judul grup.

Berikut cara mengubah siapa yang dapat melakukan perubahan tingkat admin ke grup WhatsApp Anda:

– Luncurkan WhatsApp di ponsel cerdas Anda
– Temukan obrolan grup yang ingin Anda batasi dalam daftar percakapan terbuka
– Ketuk pada grup untuk membuka percakapan terakhir Anda
– Ketuk nama grup di bagian atas layar Anda
– Buka Pengaturan Grup> Edit info grup>Pilih opsi Admin Saja.

(PS)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of