Wilayah Terdampak Kekeringan Meluas

1
Ilustrasi. Foto: Antara

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah, Muhammad Ngainirrichadl  terlihat kecewa dengan upaya penanganan dampak kekeringan. Berdasarkan catatannya, terjadi penambahan wilayah yang terdampak kekeringan pada dua tahun terakhir.

Menurutnya, pada musim kemarau 2018, ada 112 kecamatan yang tersebar di sejumlah kabupaten terdampak kekeringan. Namun pada tahun ini wilayah yang terdampak menjadi 267 kecamatan.

“Kekeringan dan ketersediaan air bersih bagi warga merupakan masalah rutin tahunan. Mestinya ada penanganan lebih serius. Jangan hanya sebatas mengirim bantuan air bersih. Karena hal itu hanya rencana jangka pendek,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, Kamis (25/7).

Baca Juga:  Nissa Sabyan Dukung Prabowo Sandi, Kenapa Ada yang Kejang-kejang?

Mestinya pemerintah fokus pada program rencana jangka panjang penyediaan air bersih di musim kemarau. Untuk itu perlu adanya perencanaan dengan cara fasilitasi dari pemerintah berupa embung atau tempat penampungan air. Hal itu perlu diprioritaskan di daerah-daerah terdampak kekeringan.

“Anggarannya tidak hanya dari pemerintah saja tapi bisa juga dari CSR perusahaan,” ujar Richadl yang terpilih lagi menjadi anggota DPRD Jateng periode 2019-2024.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng Eko Yunanto menjelaskan di provinsi ini ada 29 kabupaten dan 6 kota dengan luas 32 ribuan kilometer. Secara hidrologis di ribuan kilometer itu, dari 10 wilayah sungai yang ada di provinsi, sebanyak 202 merupakan aliran sungai. Dari 10 wilayah sungai tersebut, ada 6 wilayah yang merupakan kewenangan pusat dan 4 lintas provinsi.

Baca Juga:  Peresmian Bandara Baru Yogyakarta Ditunda

“Dalam pengelolaannya, ada tiga hal yang perlu dilakukan yakni konservasi, mendayagunakan SDA, dan mengusahakan air,” kata Eko. (Ags)

1
Berikan Komentar

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Indonesiainside.id, Semarang – Jumlah wilayah yang mengalami kekeringan di Jawa Tengah (Jateng) naik menjadi 267 kecamatan. Padahal pada musim kemarau 2018, hanya 112 kecamatan yang terdampak kekeringan. […]