Zulkifli Hasan: Diamnya KPU Sebabkan Distrust

0
Ketum PAN Zulkifli Hasan memimpin pertemuan di kantor DPW PAN Jateng, Rabu (15/5).

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang cenderung diam bisa jadi menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Banyak persoalan-persoalan yang dipertanyakan namun belum direspon oleh penyelenggara pemilu.

Hal itu disampaikan oleh Ketum PAN saat ditanya wartawan perihal sikap Prabowo Subianto yang menolak hasil penghitungan suara oleh KPU.

Menurutnya, dalam demokrasi, orang boleh sepakat atau tak sepakat. Misalnya ada dugaan kecurangan, KPU disebutnya harus segera menyampaikan jawabannya. Misalnya lagi soal banyaknya KPPS yang meninggal maka KPU harus menyampaikan apa sebabnya.

Baca Juga:  Proyek Infrastruktur Jokowi Jadi Beban Nyata APBN

“Harusnya begitu menururt saya. Respon seperti itu dalam demokrasi dan bukan mencari kesalahan,” kata Zulkifli usai memimpin pertemuan tertutup di kantor DPW PAN Jateng, Rabu (15/5).

Ditegaskannya, jika ada yang protes maka mestinya segera dijawab. Apakah hal itu yang mestinya harus dilakukan oleh KPU? “Iya seperti itu. Kalau tidak dijawab maka akan menuebabkan distrust,” ujarnya.

Namun ia mengingatkan meski terjadi perbedaan pendapat namun jangan sampai menyebabkan permusuhan.

Dalam pertemuan tersebut Zulkifli Hasan mengatakan sudah ada beberapa laporan kecurangan atas hasil Pileg di Jawa Tengah. Untuk itu, pihaknya meminta semua kader mengumpulkan bukti dan siap melakukan gugatan.

Baca Juga:  Sementara, 140 TPS di Jateng Lakukan Penghitungan Ulang

Suara PAN di Jawa Tengah benar-benar anjlok pada Pileg 2019 ini. Delapan kursi di DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 akan hilang dua kursi. Lantaran pada Pileg 2019 ini hanya mendapatkan enam kursi.

Parahnya, delapan kursi DPR RI dari Dapil Jateng hilang semuanya. Pada Pileg 2019 ini, PAN sama sekali tak dapat kursi. (Ags)

 

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of